Beasiswa

Dalam bahasa Spanyol beasiswa adalah beca, becas(jamak). Informasi umum tentang beasiswa di Spanyol [pdf].

Beasiswa yang tersedia untuk belajar di Spanyol antara lain:

1. BECAS MAEC-AECI

2. The Spanish National Research Council Scholarship

  • Deskripsi [pdf]

3. Beasiswa DIKTI

Setidaknya ada dua kategori yang tersedia pada beasiswa DIKTI ini, yaitu:

  1. Beasiswa Umum (BU) yang diperuntukkan bagi calon dosen universitas.
  2. Beasiswa Reguler yang peruntukkan bagi dosen tetap universitas negeri ataupun swasta.

Kedua kategori beasiswa ini mempunyai persyaratan yang sama, yang menurut kontributor website PPI Spanyol ini setidaknya ada dua hal penting yang harus dimiliki oleh calon pendaftar beasiswa ini.

Pertama adalah surat penerimaan dari universitas yang akan dituju dengan tanpa pengecualian. Artinya, calon mahasiswa tidak harus lagi mengumpulkan IELTS atau TOEFL atau persyaratan administrasi lainnya. Dalam bahasa DIKTI calon mahasiswa harus sudah mengantongi Full Offer atau Unconditional Letter of Acceptance.

Kedua adalah pengakuan dari universitas asal. Jika anda mengikuti kategori BU, maka cukup surat rekomendasi dari Rektor. Sementara jika anda adalah dosen tetap sebuah universitas baik negeri maupun swasta, maka selain surat rekomendasi dari Rektor, anda diwajibkan menghadirkan NIP untuk universitas negeri dan NIDN (Nomor Induk Dosen Nasional) untuk universitas swasta.

Banyak pula beasiswa lain yg dapat dicari di internet misalnya universia. Banyak pula mahasiswa di Spanyol yang berasal dari program beasiswa Erasmus Mundus Uni Eropa.

Selamat berjuang dan semoga sukses!

Link Beasiswa DIKT

Baru: Pedoman Beasiswa Luar Negeri DIKTI tahun 2014