Beasiswa

Apabila teman-teman hendak mencari beasiswa untuk menempuh studi di Spanyol, barangkali bisa dimulai dengan memeriksa beberapa beasiswa ini.

Erasmus Mundus Joint Courses

Erasmus Mundus Joint Courses (biasa disebut “Erasmus” saja) adalah program studi yang dibentuk oleh Komisi Eropa dalam berbagai bidang. Semua program Erasmus menawarkan beasiswa untuk sebagian calon mahasiswa yang diterima di program-program tersebut.

Karakteristik khusus dari program-program Erasmus Mundus ini adalah keharusan untuk mengikuti perkuliahan di beberapa universitas di berbagai negara. Keharusan ini didesain agar mahasiswa Erasmus dapat merasakan atmosfir akademik dan budaya di seluruh Eropa. Saat buku ini ditulis, ada 100 joint courses untuk tingkat magister dan 8 di tingkat doktoral. Sebanyak 49 program magister menawarkan “rute” ke universitas yang ada di Spanyol.

Info lebih lanjut:

https://eacea.ec.europa.eu/erasmus-plus/actions/key-action-1-learning-mobility-individuals/joint-master-degrees/scholarships_en

 

LPDP (Beasiswa Pendidikan Indonesia)

Lembaga Pengelola Dana Pendidikan, yang dibentuk oleh empat kementerian di Indonesia, setiap tahunnya memberikan beasiswa untuk menempuh program magister dan doktoral di dalam dan luar negeri. Nama resmi dari beasiswa ini adalah Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI), meskipun biasanya lebih sering disebut dengan nama “beasiswa LPDP.”

Info lebih lanjut:

http://www.lpdp.kemenkeu.go.id/

 

INPhINIT Fellowship (Beasiswa Doktoral)

INPhINIT Fellowship adalah program beasiswa dari “La Caixa” Foundation di bidang sains, teknologi, dan kesehatan yang memberikan kesempatan kepada para calon doktor untuk juga bekerja di pusat penelitian terbaik di Spanyol dan Portugal. Beasiswa ini menerima co-funding dari program European Union’s Horizon 2020 dan Marie Sklowdowska-Curie grant yang ditujukan untuk calon peneliti Internasional, termasuk Indonesia.

Info lebih lanjut:

https://obrasociallacaixa.org/el/investigacion-y-becas/programa-de-becas-de-posgrado/inphinit/programme-description

 

Beasiswa dari Universitas di Spanyol

Beberapa universitas di Spanyol  menyediakan beasiswa untuk calon mahasiswa yang dapat membiayai secara penuh atau sebagian biaya kuliah. Silahkan periksa website masing-masing universitas untuk mengetahui kesempatan-kesempatan beasiswa yang tersedia. Untuk jenjang S3, banyak beasiswa yang disediakan oleh proyek penelitian professor di universitas yang biasanya didanai oleh kementerian Spanyol dan Uni Eropa.

Salah satu yang dibuka secara rutin tiap tahun adalah beasiswa Atracción de Talento yang diadakan oleh Universidad de Jaen untuk program sarjana dan master.

Beasiswa untuk sarjana:

Http://www.ujaen.es/serv/vicint/home/page/55/112

Beasiswa untuk master:

Http://www.ujaen.es/serv/vicint/home/page/26/64

Selain itu juga ada Financial aid dari Barcelona Graduate School of Economics: https://www.barcelonagse.eu/study/financial-aid  

 

Alliance 4 Universities (Alianza 4 Universidades)

Merupakan kesempatan pertukaran pelajar (Exchange) selama 3-5 bulan bagi mahasiswa S1 di UAB, UAM, UPF, dan UC3M. Peluang ini masih terbatas bagi mahasiswa di universitas Indonesia yang bekerjasama dengan keempat universitas tersebut, yaitu: UNAIR, ITB, UGM, BINUS, Telkom, dan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Jika kamu berasal dari salah satu universitas tersebut, silahkan tanyakan prosedurnya lebih lanjut ke kantor urusan Internasional atau bagian yang berkepentingan di kampus kamu.

Pengumuman pembukaan beasiswa akan diumumkan di laman ini: http://alliance4universities.eu/en/mobility-scholarships/

 

MFP Fellowship (Beasiswa Doktoral)

Martí i Franquès COFUND Fellowship Programme (MFP-COFUND) merupakan beasiswa program doktoral untuk 50 calon kandidat terpilih di Universitat Rovira i Virgili (URV), Tarragona. Kandidat dapat berasal dari seluruh penjuru dunia, termasuk Indonesia karena beasiswa ini bersifat terbuka, transparan dan unggul. Beasiswa ini didanai oleh Uni Eropa melalui program European Union’s Horizon 2020 dan Marie Skłodowska-Curie Actions (MSCA) No. 713679 yang mengedepankan pilar “tiga i” MSCA yaitu internasional, interdisiplin dan intersektoral dimana nantinya kandidat tidak hanya melakukan penelitian di URV, tetapi juga dapat melakukan penelitian, magang atau nantinya bekerja di berbagai universitas dan industri di kawasan Uni Eropa. Selain itu, program ini didukung oleh Fundació Catalunya-La PedreraIRTA dan Banco Santander. Bidang penelitian yang didanai hampir mencakup semua bidang, termasuk sains, teknologi, kesehatan, seni dan kemanusiaan, ilmu sosial dan hukum.

Info lebih lanjut:

 

Beasiswa InnoEnergy

Uni Eropa melalui lembaga riset, kewirausahaan & pendidikan bernama InnoEnergy memberikan beasiswa penuh dan sebagian untuk program S-2 kepada calon mahasiswa berprestasi untuk studi di dua (2) universitas di dua (2) negara. Salah satu universitas tersebut adalah Polytechnic University of Catalonia yang terletak di Barcelona, Spanyol.

Info lebih lanjut.