Kedatangan di Spanyol

Sebelum anda melakukan perjalanan panjang kira-kira 12.185 km dari Jakarta ke Spanyol, ada baiknya anda menghubungi PPI Spanyol terlebih dahulu. Siapa tahu ada anggota PPI yang tinggal dikota yang akan anda tuju. Tentu menjadi lebih memudahkan anda.

Transportasi

Setibanya anda di bandara manapun di Spanyol, jangan panik dan khawatir tentang transportasi. Karena Spanyol adalah salah satu negara dengan sistem transportasi publik terbaik di dunia.

Dari bandara manapun pesawat anda mendarat, anda akan menemukan Metro atau kereta bawah tanah yang mengelilingi kota tersebut. Bagi teman-teman pembaca yang sudah pernah mengunjungi negara-negara Eropa lainnya atau negara seperti Amerika Serkat, Singapura, dan China tentu sudah tidak asing lagi dengan kereta bawah tanah ini. Selain Metro tersedia juga angkutan umum yang lain yaitu Shuttle Bus (bandara ke pusat kota atau sebaliknya) dan bus umum (dalam kota dan antar kota).

contoh metro bawah tanah
Click the picture to get its source

Dengan menggunakan Metro atau bus umum dalam kota, anda dapat melanjutkan perjalanan anda kepusat kota atau ke stasiun-stasiun lain yang juga menyediakan transportasi umum antar kota untuk melanjutkan petualangan anda.

 

Madrid

Jika anda tiba di Spanyol melalui Airport Madrid Barajas, maka rute menuju pusat kota Madrid bisa di tempuh dengan Metro. DI bandara Barajas sendiri memiliki stasiun Metro yang menuju ke pusat kota Madrid. Metro yang menuju kota dari bandara Barajas ialah metro nomor 8, dari sini anda bisa menuju ke tempat tujuan anda. Jika anda ingin melanjutkan perjalanan menuju ke daerah seputar Madrid dengan menggunakan bus maka anda bisa melanjutkan perjalanan melalui Stasiun Bus Selatan atau dalam bahasa Spanyol Estación Sur, untuk menuju tempat ini anda bisa mengambil Metro nomor 8 tadi, turun di Nuevos Ministerios, lalu berganti dengan Metro nomor 6 untuk menuju Méndez Álvaro, setelah keluar dari stasiun Méndez Álvaro maka anda telah berada di Estación Sur. Dan jika anda ingin melanjutkan perjalanan menggunakan kereta Api maka anda bisa melanjutkan melalui stasiun terbesar di Madrid yaitu Atocha. Untuk mencapai Stasiun Atocha anda tetap menggunakan Metro nomor 8 dan melanjutkan dengan bus nomor 4 dan akan berhenti di Atocha-Renfe, berjalan sekitar 400 meter dan setelah itu artinya anda telah tiba di Stasiun Atocha. Ada baiknya sebelum tiba sudah mengetahui rute yang akan di ambil, jadi tidak perlu tersesat.

Barcelona

Jika anda tiba di Spanyol melalui Airport Barcelona El Prat, maka rute menuju pusat kota Barcelona bisa di tempuh dengan kereta. DI bandara El Prat sendiri memiliki stasiun kereta bandara yang menuju ke Stasiun Barcelona Sants. Untuk menuju stasiun bandara, anda cukup melihat tanda petunjuk yang tertera. Setelah tiba di Barcelona Sants, anda bisa mengambil Metro (subway) untuk tujuan yang anda tuju. Jika ingin menuju ke Terminal Bus Nord maka anda bisa mengambil Metro jalur nomor 1 dan turun di Arc de Triomf dan bisa melanjutkan dengan berjalan kaki menuju utara. Jika ingin menggunakan bus bisa mengambil jalur R1 R3 R4, untuk mengambil bus, ada halte bus tepat di pintu keluar Stasiun Barcelona Sants. Ada baiknya sebelum tiba sudah mengetahui rute yang akan di ambil, jadi tidak perlu tersesat.

Valencia

Jika anda tiba di Spanyol melalui Airport Valencia, maka rute menuju pusat kota Madrid bisa di tempuh dengan Metro. Sama seperti Madrid, di Valencia telah tersedia Metro (subway) menuju kota Valencia. Langsung saja melihat papan petunjuk, akan tertera huruf M yang berarti Metro, ikuti saja. Anda bisa mengambil Metro jalur Untuk menuju pusat kota anda bisa menaiki Metro nomor 3 dan 5. Untuk menuju stasiun terbesar di Valencia, yaitu Valencia Nord maka anda bisa mengambil metro jalur nomor 3 dan turun di Xativa, setelah keluar maka anda akan melihat Estacio Valencia Nord di depan anda. Jika anda ingin melanjutkan perjalanan menggunakan bus, maka anda bisa menuju ke terminal bus terbesar di Valencia, yaitu Estacio Bus de Valencia atau Valencia Bus Station. Anda bisa mengambil jalur Metro nomor 3 dan berganti dengan Metro nomor 1 di stasiun Ángel Guimerá, lalu turun di stasiun Turia, lalu bisa di lanjutkan dengan berjalan kaki beberapa menit. Ada baiknya sebelum tiba sudah mengetahui rute yang akan di ambil, jadi tidak perlu tersesat.

Berikut ini adalah link kereta antar kota dan bus antar kota:

  1. Renfe (kereta antar kota dan antar negara)
  2. Avanza (bus antar kota)
  3. Alsa (bus antar kota)

¡Buen Viaje!

Kartu Sim HP

Paling penting setelah anda tiba di Spanyol, adalah menghubungi keluarga bahwa anda telah selamat sampai tujuan. Banyak pertanyaan yang muncul kepada kami bagaimana membeli kartu sim hp di Spanyol dan bagaimana caranya?

Sekedar tips, sebaiknya anda membeli kartu sim baru di Indonesia untuk sekedar memberi kabar kepada keluarga. Mengapa baru? karena jika anda menggunakan kartu yang anda pakai, anda boleh jadi langsung kehabisan pulsa begitu sampai di Spanyol karena terkena roaming dengan sms yang masuk ke hp anda. Kecuali jika anda tidak berkeberatan untuk mengisinya dengan jumlah yang banyak sebelum berangkat.

Syarat membeli kartu sim card HP: Paspor dan alamat tinggal/hotel di Spanyol

Rekomendasi kartu sim card hp: Yoigo dengan servis internet 6 EUR/Bln kuota 500mb.

Lapor Diri ke Ayuntamiento

Anda wajib melapor ke kantor walikota (ayuntamiento) setempat untuk mendapatkan certificado de empadronamiento, sebagai salah satu persyaratan anda mendapatkan kartu tinggal sementara atau disebut NIE (Numero Identidad/Identificón de Extranjeros)

Persyaratan yang dibutuhkan untuk melapor diri adalah:

  1. Paspor
  2. Surat kontrak tempat tinggal

Kartu NIE atau TIE (Tarjeta de Identitad Extranjeiro)

Kartu NIE ini harus segera diurus kantor imigrasi setempat maksimal 1 bulan setelah kedatangan. Kartu ini sangat penting sebagai pengganti paspor sebagai tanda pengenal ketika kita melakukan perjalanan di dalam Spanyol. Sementara untuk keluar Spanyol kartu ini juga akan diminta begitu juga paspor. Berikut ini syarat-syaratnya:

  1. Formulir aplikasi
  2. Fotokopi dari formulir aplikasi yang telah diisi
  3. Fokopi Paspor bagian muka dan visa serta dibawa yang aslinya
  4. Surat keterangan lapor diri dari kepolisian setempat
  5. Pas foto 3×4 tiga lembar
  6. Surat kontrak tempat tinggal

Buena Suerte!