Kedatangan di Spanyol

Sebelum anda melakukan perjalanan panjang kira-kira 12.185 km dari Jakarta ke Spanyol, ada baiknya anda menghubungi PPI Spanyol terlebih dahulu. Siapa tahu ada anggota PPI yang tinggal dikota yang akan anda tuju. Tentu menjadi lebih memudahkan anda.

Transportasi

Setibanya anda di bandara manapun di Spanyol, jangan panik dan khawatir tentang transportasi. Karena Spanyol adalah salah satu negara dengan sistem transportasi publik terbaik di dunia.

Dari bandara manapun pesawat anda mendarat, anda akan menemukan Metro atau kereta bawah tanah yang mengelilingi kota tersebut. Bagi teman-teman pembaca yang sudah pernah mengunjungi negara-negara Eropa lainnya atau negara seperti Amerika Serikat, Singapura, dan China tentu sudah tidak asing lagi dengan kereta bawah tanah ini. Selain Metro tersedia juga angkutan umum yang lain yaitu Shuttle Bus (bandara ke pusat kota atau sebaliknya) dan bus umum (dalam kota dan antar kota).

contoh metro bawah tanah
Click the picture to get its source

Dengan menggunakan Metro atau bus umum dalam kota, anda dapat melanjutkan perjalanan anda kepusat kota atau ke stasiun-stasiun lain yang juga menyediakan transportasi umum antar kota untuk melanjutkan petualangan anda.

 

Madrid

Jika anda tiba di Spanyol melalui Airport Madrid Barajas, maka rute menuju pusat kota Madrid bisa di tempuh dengan Metro. Di bandara Barajas sendiri memiliki stasiun Metro yang menuju ke pusat kota Madrid. Metro yang menuju kota dari bandara Barajas ialah metro nomor 8, dari sini anda bisa menuju ke tempat tujuan anda. Jika anda ingin melanjutkan perjalanan menuju ke daerah seputar Madrid dengan menggunakan bus maka anda bisa melanjutkan perjalanan melalui Stasiun Bus Selatan atau dalam bahasa Spanyol Estación Sur, untuk menuju tempat ini anda bisa mengambil Metro nomor 8 tadi, turun di Nuevos Ministerios, lalu berganti dengan Metro nomor 6 untuk menuju Méndez Álvaro, setelah keluar dari stasiun Méndez Álvaro maka anda telah berada di Estación Sur. Dan jika anda ingin melanjutkan perjalanan menggunakan kereta Api maka anda bisa melanjutkan melalui stasiun terbesar di Madrid yaitu Atocha. Untuk mencapai Stasiun Atocha anda tetap menggunakan Metro nomor 8 dan melanjutkan dengan bus nomor 4 dan akan berhenti di Atocha-Renfe, berjalan sekitar 400 meter dan setelah itu artinya anda telah tiba di Stasiun Atocha. Ada baiknya sebelum tiba sudah mengetahui rute yang akan di ambil, jadi tidak perlu tersesat.

Barcelona

Jika anda tiba di Spanyol melalui Airport Barcelona El Prat, maka rute menuju pusat kota Barcelona bisa di tempuh dengan kereta. DI bandara El Prat sendiri memiliki stasiun kereta bandara yang menuju ke Stasiun Barcelona Sants. Untuk menuju stasiun bandara, anda cukup melihat tanda petunjuk yang tertera. Setelah tiba di Barcelona Sants, anda bisa mengambil Metro (subway) untuk tujuan yang anda tuju. Jika ingin menuju ke Terminal Bus Nord maka anda bisa mengambil Metro jalur nomor 1 dan turun di Arc de Triomf dan bisa melanjutkan dengan berjalan kaki menuju utara. Jika ingin menggunakan bus bisa mengambil jalur R1 R3 R4, untuk mengambil bus, ada halte bus tepat di pintu keluar Stasiun Barcelona Sants. Ada baiknya sebelum tiba sudah mengetahui rute yang akan di ambil, jadi tidak perlu tersesat.

Valencia

Jika anda tiba di Spanyol melalui Airport Valencia, maka rute menuju pusat kota Madrid bisa di tempuh dengan Metro. Sama seperti Madrid, di Valencia telah tersedia Metro (subway) menuju kota Valencia. Langsung saja melihat papan petunjuk, akan tertera huruf M yang berarti Metro, ikuti saja. Anda bisa mengambil Metro jalur Untuk menuju pusat kota anda bisa menaiki Metro nomor 3 dan 5. Untuk menuju stasiun terbesar di Valencia, yaitu Valencia Nord maka anda bisa mengambil metro jalur nomor 3 dan turun di Xativa, setelah keluar maka anda akan melihat Estacio Valencia Nord di depan anda. Jika anda ingin melanjutkan perjalanan menggunakan bus, maka anda bisa menuju ke terminal bus terbesar di Valencia, yaitu Estacio Bus de Valencia atau Valencia Bus Station. Anda bisa mengambil jalur Metro nomor 3 dan berganti dengan Metro nomor 1 di stasiun Ángel Guimerá, lalu turun di stasiun Turia, lalu bisa di lanjutkan dengan berjalan kaki beberapa menit. Ada baiknya sebelum tiba sudah mengetahui rute yang akan di ambil, jadi tidak perlu tersesat.

Berikut ini adalah link kereta antar kota dan bus antar kota:

  1. Renfe (kereta antar kota dan antar negara)
  2. Avanza (bus antar kota)
  3. Alsa (bus antar kota)

¡Buen Viaje!

Membeli kartu SIM untuk ponsel

Untuk tetap terhubung dengan teman, kerabat, dan sanak saudara di tanah air, teman-teman dapat mempertimbangkan untuk membeli kartu SIM di Spanyol. Biasanya, pilihan pelajar di Indonesia adalah kartu SIM prabayar (prepago) yang bisa diisi ulang (recargar), sama seperti menggunakan pulsa di Tanah Air.

Ada banyak pilihan operator yang bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan data dan telefoni teman-teman, seperti Movistar, Vodafone, dan Orange. Ada pula beberapa operator lain, seperti Yoigo dan Lebara, yang menggunakan jaringan operator lain untuk menghantarkan data, juga operator prabayar Simyo yang bahkan menawarkan biaya 3 euro per bulan. Sebaiknya, memiliki alamat rumah terlebih dahulu untuk tujuan dikirimkan kartunya.

Harga masing-masing operator berbeda-beda, namun sebagai gambaran, biasanya harga paket data dengan kuota per bulan dibanderol 10€. Bila kuota habis sebelum masa berakhirnya, biasanya koneksi internet akan terus berjalan, meskipun dengan kecepatan sangat rendah (hanya cukup untuk aplikasi perpesanan seperti WhatsApp).

Kartu SIM prabayar bisa dibeli di toko bandara tempat teman-teman tiba di Spanyol. Selain itu, beberapa department store juga menjual kartu prabayar. Sebaiknya teman-teman meneliti operator apa yang akan dipilih sebelum tiba di Spanyol.

Lapor Diri ke Ayuntamiento untuk mendapatkan Padron

Padro, atau formalnya dikenal sebagai empadronamiento, adalah surat yang menyatakan bahwa teman-teman sudah melakukan registrasi/sensus di balai kota (ajuntamiento) setempat.

Surat ini bisa dikatakan sebagai surat keterangan domisili teman-teman selama tinggal di Spanyol. Apabila teman-teman melakukan perpindahan alamat (misalnya karena pindah tempat kos/apartemen), teman-teman perlu mengubah padro sebelumnya.

Surat ini akan digunakan untuk mengurus NIE (lihat bagian selanjutnya), jadi pertama-tama teman-teman perlu mendapatkan Padro terlebih dahulu. Caranya adalah dengan mendatangi ajuntamiento setempat dengan membawa surat kontrak tempat tinggal yang didapat dari pemilik rumah (landlord) dan paspor yang sudah dicap di bandara saat tiba di Spanyol (beserta satu fotokopi).

Apabila teman-teman belum mendapatkan surat kontrak, teman-teman bisa meminta kepada landlord untuk datang bersama-sama ke ajuntamiento untuk melakukan registrasi. Pemilik rumah akan membawa padro-nya untuk selanjutnya menambahkan nama teman- teman  dalam domisili tersebut.

Perhatikan bahwa di wilayah tertentu, seperti di Barcelona, kita perlu melakukan pemesanan tempat (cita previa), tidak bisa datang begitu saja.

Prosedur yang lebih jelasnya bisa ditanyakan ke admission office di universitas.

Lapor Diri ke KBRI

Lapor diri ke perwakilan Indonesia mungkin kedengerannya seperti hal sepele. Tapi ini salah satu kegiatan yang sangat dianjurkan. Dengan mendaftarkan diri, kita bisa mendapatkan akses untuk turut aktif dalam partisipasi kegiatan warga Indonesia, seperti berpartisipasi dalam Pemilu, info event-event mengenai Indonesia dan juga kontak dengan Komunitas Indonesia di kota tempat kamu tinggal. Mahasiswa yang baru tiba dapat mendaftarkan dirinya dengan mengirimkan email ke staffkons@embajadadeindonesia.es , nanti pihak KBRI akan mengirimkan form dan rinciannya.

Mendapatkan NIE/TIE

Seperti layaknya penduduk asing di Indonesia dengan KITAS-nya, pendatang asing di Spanyol yang akan tinggal lebih dari 90 hari harus mendapatkan kartu identitas pribadi. Di Spanyol, kartu identitas itu disebut TIE (Targeta de Identificación de Extranjeros), dan nomornya disebut NIE (Numero de Identificación de Extranjeros).

NIE biasanya sudah tercantum dalam visa yang dikeluarkan oleh Kedutaan Besar Spanyol. Yang perlu kita lakukan adalah mendapatkan kartu tersebut secara fisik

Untuk penjelasan lebih detilnya bisa dibaca di :

https://ppispanyol.org/2016/01/28/bagaimana-cara-mendapatkan-nie/

Sedangkan untuk memperpanjang TIE bisa dilihat di:

https://ppispanyol.org/perpanjangan-nie-dan-kelengkapannya/

Membuka Akun Bank

Membuka akun bank di Spanyol ini gampang-gampang ribet, karena informasinya sering kali kurang jelas dan tiap bank  tidak jarang memilikiperaturan berbeda. Selain kendala bahasa yang sering menjadi masalah, terkadang dalam satu Bank dengan cabang berbeda memiliki informasi yang berbeda. Disarankan, membuka akun bank jika sudah memiliki NIE/TIE untuk mempermudah.

Persyaratan membukakan akun Bank pada umumya adalah:

  1. NIE/TIE (Jika sudah ada), jika belum ada menggunakan Passport
  2. Surat keterangan mahasiswa atau LOA
  3. Rekening Bank sebelumnya di Indo, atau surat keterangan penghasilan, atau surat keterangan akan mendapatkan uang secara rutin dari orang tua atau surat keterangan beasiswa.

Santander

Jika kamu memiliki umur dibawah 32 tahun, kamu bisa membuat akun bank khusus pelajar di Bank Santander. Keuntungan akun ini adalah biayanya cukup kecil, yaitu Euro 2, namun setiap bulannya kamu akan mendapatkan cash back dari pembelian online dan transaksi menggunakan debitnya hingga 10 euro tiap bulannya.

Info lebih lanjut: https://www.bancosantander.es/es/particulares

Sabadell

Bagi pelajar dibawah 29 tahun, Bank Sabadell memiliki promo dimana kamu akan bebas biaya administrasi. Persyaratannya cukup mudah seperti yang sudah disebutkan sebelumnya.

Info lebih lanjut: https://www.bancsabadell.com/

Buena Suerte!