Tempat Tinggal

Untuk keperluan visa, kedutaan biasanya mensyaratkan tanda bukti ketersediaan tempat tinggal. Untuk itu, kita perlu mencari tempat tinggal sebelum tiba di Spanyol. Berikut beberapa alternatif yang bisa digunakan untuk mencari tempat tinggal.

Asrama universitas (Residencia de la Universidad)

Universitas di Spanyol biasanya memiliki asrama yang ditujukan khusus untuk mahasiswanya. Asrama ini bisa dikelola oleh pihak universitas sendiri atau bekerjasama dengan perusahaan pengelola real estate.

Keuntungan dari tinggal di asrama universitas adalah fasilitas yang lengkap dan jarak yang biasanya sangat dekat dari kampus. Hal ini sangat mendukung bagi mereka yang ingin fokus menyelesaikan studinya.

Meskipun demikian, mendapatkan tempat di asrama universitas bisa jadi lebih sulit karena harus berebut dengan mahasiswa lainnya yang juga ingin tinggal di asrama universitas. Untuk itu, apabila hendak tinggal di asrama universitas, hendaknya mendaftar sejak jauh-jauh hari.

Sewa apartemen bersama teman

Apabila teman-teman memiliki rekan yang sudah berada di kota tujuan di Spanyol, maka bisa membuat kesepakatan untuk menyewa apartemen bersama rekan tersebut.

Biasanya apartemen itu memiliki beberapa kamar sesuai dengan jumlah teman yang ingin ikut menyewa bersama. Kemudian biaya sewa per bulan dibagi sesuai dengan kesepakatan. Tugas untuk menjaga kebersihan rumah kemudian juga disusun.

Mencari sendiri di website

Di era internet, mencari akomodasi di luar negeri semakin mudah. Beberapa situs yang sering digunakan oleh calon mahasiswa dari Indonesia adalah:

Situs ini bisa diibaratkan sebagai tempat bagi pemilik rumah atau apartemen untuk mengiklankan kamar atau propertinya. Kita dapat meng-customize area pencarian sesuai yang kita inginkan. Ketika menggunakan website ini, ada baiknya bisa sedikit berbahasa Spanyol atau menggunakan bantuan translator online seperti Google Translate, karena pemilik properti yang beriklan jarang ada yang bisa berbahasa Inggris.

Sama seperti Idealista, di situs ini pemilik rumah dapat memasang iklan kamar atau propertinya. Namun, berbeda dengan Idealista, Uniplaces menawarkan layanan verifikasi properti yang hendak disewakan. Dengan demikian, kita bisa yakin dengan properti yang memiliki tanda verified.

Situs ini hampir mirip dengan Uniplaces, namun properti yang tersedia tidak terbatas untuk pelajar saja. Keunggulan dari situs ini adalah kemungkinan untuk membayar biaya sewa dengan transfer bank.

Badi adalah website dan aplikasi untuk sharing rumah, kosan atau tempat tinggal. Keunggulan dari Badi adalah harganya relatif lebih murah dibandingkan website lain dan tidak memerlukan biaya agen. Kekurangan dari Badi adalah biasanya calon teman kos atau pemilik property tersebut menyaring dan memilih siapa yang berhak menempati tempat baru tersebut. Jadi mereka berhak menentukan apakah akan memilih kamu sebagai teman kosan/apartement.

  • Facebook Group

Mungkin Facebook group kedengarannya sepele. Padahal ini salah satu cara yang termasuk efektif untuk menemukan tempat tinggal di Spanyol. Caranya cukup mencari grup dengan kata kunci nama kota kamu, student, dan house. Mencari dengan menggunakan kata kunci Bahasa Inggris dan Spanyol sangat disarankan untuk memudahkan dalam pencarian.

  • Hostel

Jika kamu ragu untuk mencari apartemen sebelum kamu sendiri melihatnya langsung sementara anda harus memenuhi persyaratan visa di Kedubes Spanyol di Jakarta, beberapa rekan berhasil mendapatkan visa hanya dengan menyerahkan booking hostel untuk satu minggu di kota tujuan anda di Spanyol. Anda bisa mencari hostel sesuai keinginan anda melalui www.hostelworld.com

Pada umumnya, pemilik rumah akan meminta uang jaminan (depósitos de seguridad) setara satu bulan sewa. Uang ini akan digunakan untuk memperbaiki kerusakan di properti selama kita tinggal di sana, namun akan dikembalikan utuh bila properti terjaga dengan baik.

Ketika mencari properti, selalu periksa fasilitas apa saja yang sudah termasuk dalam biaya sewa. Kadangkala biaya listrik, air, dan internet sudah termasuk dalam biaya sewa (todo incluido), namun bisa juga tidak.