Tempat Tinggal

Mencari tempat tinggal di Spanyol merupakan persyaratan untuk mendaftar visa pelajar, sehingga calon mahasiswa sudah harus mencarinya sejak mereka masih berada di Indonesia. Namun demikian, ada beberapa cara dan tips untuk mendapatkannya.

  1. Residencia de la Universidad. Jika anda ingin berada dekat dengan universitas, anda bisa memilih tinggal di apartemen yang disediakan/ disewakan oleh universitas. Biasanya fasilitasyang diberikan juga lebih banyak dan sudah meliputi semua pembiayaan termasuk internet dan listrik. Namun begitu, biasanya tarif yang dipasang untuk residensi universitas ini cenderung lebih mahal daripada menyewa di tempat lain. Untuk mendapatkan tempat tinggal ini, anda bisa langsung menghubungi universitas anda sendiri.
  2. Mencari melalui website. Ada beberapa website yang biasa digunakan oleh rekan-rekan PPI Spanyol dalam mencari aparteme, yaitu diantaranya: www.idealista.comwww.pisos.comwww.enalquiler.com, www.erasmusu.com
  3. Jika anda ragu untuk mencari apartemen sebelum anda sendiri melihatnya langsung sementara anda harus memenuhi persyaratan visa di Kedubes Spanyol di Jakarta, beberapa rekan berhasil mendapatkan visa hanya dengan menyerahkan booking hostel untuk satu minggu di kota tujuan anda di Spanyol. Anda bisa mencari hostel sesuai keinginan anda melalui www.hostelworld.com

Catatan: Untuk mendapatkan harga yang lumayan murah, upayakan untuk mencari sharing apartement. Misalnya satu apartemen berisi 3, 4, atau 5 sesuai jumlah kamar yang tersedia. Selain anda mendapatkan harga yang jauh lebih murah, anda juga sekaligus mendapatkan teman baru.

Buena Suerte!