Tentang Kerajaan Spanyol

Spain

Informasi Umum

Spanyol (Kerajaan Spanyol) adalah negara berdaulat yang menganut sistem monarki konstitusional yang dipimpin oleh raja, perdana menteri yang dipilih langsung oleh rakyat, dan kabinet pemerintahan yang dipilih oleh perdana menteri. Negara yang terletak di Semenanjung Iberia ini merupakan salah satu negara anggota Uni Eropa dan Kesatuan Ekonomi dan Moneter Uni Eropa dengan kekuatan ekonomi ke-13 terkuat di dunia berdasarkan nominal PDB dengan perkiraan total sekitar $1.411 triliun pada tahun 2012. Dengan PDB sedemikian banyak, tentu saja negara ini maju dalam hal infrastruktur, transportasi, dan turisme. Pada tahun 2012, Spanyol menjadi negara dengan infrastruktur terbaik ke 10 di dunia dan menjadi negara ke 5 anggota Uni Eropa yang berhasil mendapatkan gelar ini. Selain itu, karena kemajuan dan keberhasilan teknologinya, Spanyol menguasai sekitar 262 perusahaan infrastruktur dunia atau 36% dari jumlah yang ada saat ini.

Sektor pariwisata juga merupakan salah satu pemasukan utama negara ini, karena jumlah turis yang datang ke Spanyol melebihi jumlah penduduknya sendiri, yaitu 53 juta pengunjung pada tahun 2011, sementara penduduknya hanya 47 juta (sensus 2011). Rekor terbanyaknya yaitu pada tahun 2007 dengan jumlah pengunjung 60 juta orang, menjadikannya sebagai negara kedua dengan pengunjung terbanyak di dunia setelah Prancis. Spanyol dengan luas wilayah sekitar 502.922 km² ini mempunyai 50 provinsi dengan 17 daerah otonom yang masing-masing daerah mempunyai pemimpin tersendiri dimana masa jabatannya bervariasi.

Sejarah

Spanyol merupakan salah satu negara bekas jajahan kekaisaran romawi pada 218 SM – 400 masehi dalam misi mereka untuk memperluas wilayah kekuasaan.

Dengan periode penjajahanselama itu, tentu saja banyak sekali hal yang “diromawikan” oleh mereka, seperti budaya dan bangunan. Contohnya adalah pemakaian nama-nama romawi, penggantian hukum adat setempat dengan hukum romawi, atau pembangunan Aqueduct(saluran air) romawi di kota Segovia, yang diestimasikan dibangun pada akhir abad ke 1 oleh kekaisaran romawi. Pada tahun 1985, saluran air ini dijadikan sebagai salah satu warisan dunia oleh UNESCO.

4 abad setelah berakhirnya kekuasaan kekaisaran romawi di Hispania, datanglah orang-orang muslim pada abad ke 8 (sekitar tahun 711 masehi) dengan tujuan yang sama seperti kekaisaran romawi yaitu ekspansi teritori kerajaan, disaat kepemimpinan Kekhalifahan Ummayah, dimana wilayah kekuasaannya membentang dari daerah timur tengah, bagian utara benua afrika, hingga semenanjung iberia dengan total area 15 juta km² atau menguasai sekitar 30% populasi dunia pada saat itu . Pejajahan yang berlangsung sekitar 7 abad (711-1492) jelas sekali memberi banyak pengaruh seperti yang diberikan dari kekaisaran romawi sebelumnya. SepertiMezquita-Catedral (masjid-katedral) di kota Córdoba, La Alhambra di kota Granada, dan Reales Alcázares di kota Sevilla.

Semenjak kedatangan para penjajah ditanah Spanyol, sudah banyak sekali kerajaan setempat yang berusaha melawan, tetapi usaha tersebut selalu gagal karena pasukan mereka kalah secara kuantitas maupun kualitas dari musuh. Tahun 1217 adalah awal mula perlawanan secara besar-besaran yang digagas Kerajaan Kastilia kepada para penjajah. Perlawanan mereka dipermudah dengan pecahnya kerajaan Islam pada waktu itu. Pertempuran lebih dari 200 tahun melawan penjajah membuat dua kerajaan paling berpengaruh Spanyol saat itu, Kerajaan Kastilia danKerajaan Aragón bersatu pada tahun 1469, ditandai dengan menikahnya Isabel I dari Kastilia dan Fernando II dari Aragón. Dengan pasukan gabungan 2 kerajaan tersebut dan dengan disertainya bantuan dari desa setempat, membuat perlawanan semakin mudah sehingga pada tahun 1492 Spanyol bebas dari para penjajah dan menandai berakhirnya 781 tahun penjajahan kerajaan Islam di tanah Spanyol. Masa unifikasi tersebut juga merupakan masa modernisasi negara Spanyol dari semua aspek kehidupan, sehingga pada abad ke 17 mereka menjadi negara super power dan menjadi salah satu kerajaan di dunia dengan wilayah kekuasaan terbesar ke-4 sepanjang masa dengan total area 19,4 juta km² atau sekitar 13% daratan bumi.

One thought on “Tentang Kerajaan Spanyol

Comments are closed.