PPI Spanyol Bercerita #4

Poster mingguan fix
#PPISpanyolBercerita edisi ke-empat kali ini akan menceritakan pengalaman Kak Erik Mulyana yang telah menyelesaikan studi S2 nya melalui program Erasmus+. Saat itu Kak Erik tinggal di kota Lugo dan berkuliah di Universidade Santiago de Compostela dengan jurusan Master Ingeniería Agronómica.

TESTIMONI:
Saya menyelesaikan program Sarjana dari Departemen Agronomi dan Hortikultura, Fakultas Pertanian, Institut Pertanian Bogor. Saya pernah magang kerja di perusahan Sakata Seed America, Florida, USA. Saya melanjutkan program pascasarjana dalam bidang yang sama di IPB dan mendapat kesempatan melakukan Pertukaran Master dalam program Erasmus Plus Action 2 melalui Program EXPERTS III 2nd Co-Hort.

Saya mengikuti program EXPERTS III 2nd Co-Hort, jurusan Máster Universitario en Ingeniería Agronómica, Escuela Politécnica Superior di Universidade Santiago de Compostela (Spain) selama 10 bulan.

Secara pribadi, saya sangat bersyukur mendapatkan kesempatan untuk mengikuti program ini dan terlebih dapat membuka jalan untuk saya belajar di universitas ternama di Spanyol, belajar dari pengajar profesional, belajar dengan situasi yang kondusif dan menyenangkan, belajar dengan akses buku, jurnal dan bahan lainnya tanpa batas. Belajar di Spanyol memiliki banyak pengalaman yang menarik, saya mempunyai kesempatan untuk berkomunikasi dalam Bahasa Spanyol yang menurut saya sangat indah dan terdengar sangat ´sexy´ bila diucapkan. Terlebih Bahasa Spanyol merupakan bahasa terbesar kedua untuk negara Amerika dan Eropa, sungguh sangat beruntung bisa bercakap dengan native nya secara langsung. Selain itu, di Spanyol saya belajar untuk bersosialisasi dengan lingkungan sekitar, diskusi dengan teman sekelas, belajar dengan cara kreatif sehingga melatih kemandirian serta kemampuan saya untuk keluar dari zona nyaman.

Hal lain yang sangat menarik tentang berkuliah di Spanyol adalah saya mendapatkan pengalaman menjelajahi dan mengetahui berbagai negara di Eropa. Tentunya setiap negara Eropa memiliki kebiasaan, adat dan budaya yang sangat menarik untuk diketahui. Dengan akses transportasi yang sangat mudah sekaligus terintegrasi dengan baik, saya dapat mengelilingi hampir 60 Kota dari 15 Negara yang dikunjungi di Eropa dalam 10 Bulan yang kesemuanya memberikan pengalaman hidup yang tak terlupakan. Saya sangat merasakan betapa antusiasnya orang-orang disana untuk memperkenalkan wisata mereka dari mulai budaya, bahasa, karya seni dan hal unik lainnya yang membuat kagum tersendiri. Tetapi tidak mau ketinggalan ketika disana tidak lupa juga, saya menjadi bagian sebagai duta “dadakan” Indonesia untuk memperkenalkan sebagian budaya negara kita melalui gelaran acara kebudayaan yang diadakan di kampus. Setidaknya mereka mengetahui juga bahwa kita mempunyai kebudayaan yang tak kalah menariknya.

Selama di sana, saya juga berkesempatan bertemu dengan sesama pelajar Indonesia yang tergabung dalam PPI Spanyol. Menjadi Ketua Wilayah I dengan anggota 5 orang sungguh menarik untuk saya tetapi melalui penggabungan dengan wilayah lainnya PPI Spanyol menjadi sangat besar dan bertemu dengan mereka serasa bertemu dengan keluarga sendiri, karena kehadiran mereka sungguh mengobati rasa rindu kita terhadap Indonesia dan kami merupakan PPI yang kompak dan aktif.

PESAN:
Buat kalian yang ingin berkuliah di Spanyol, jangan berpikir panjang, segera cari program beasiswa dengan tujuan dan pilihan ke Spanyol. Negara ini merupakan Eropa yang beda dan kalian akan merasakan pengalaman yang tak terlupakan tetapi saya sarankan belajar Bahasa Spanyol dulu ya sebelumnya agar ketika disana tidak terkaget-kaget. Pesan lainnya jangan lupa untuk bergabung dengan PPI Spanyol karena ikatan keluarganya seumur hidup dan kalian akan selalu ada tempat untuk bernaung disana.

Finally, Thanks to PPI Spanyol atas kekeluargaanya dan kepercayaannya menjadikan saya sebagai Ketua PPI Wilayah I (Galicia, Asturias, Cantabria, dan País Vasco). PPI Spanyol Never Stop pokonya…Jika ingin bertanya lebih jauh tentang programnya silakan merujuk pada

Email: erik.mulya@gmail.com

Twitter: @Erikmulya

Instagram: @erik_mulya / #ErikNeverStop

Whatsapp: 081214835539

Link Universitas: http://www.usc.es/

HUMAS PPI SPANYOL 1516

Jangan Pernah Putus Asa Mencintai Indonesia

ppi.spanyol@gmail.com / @ppispanyol

#PPISpanyolBercerita

Tanggapan anda?

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s