PPI Spanyol Bercerita #17

PSB_profil17-Wiyogo-Barcelona

#PPISpanyolBercerita edisi ketujuhbelas ini akan menceritakan pengalaman Yogo menjalani program research collaboration di Barcelona. Saat itu Yogo terlibat dalam program Hibah Penguatan Kolaborasi UI 2014 yang dilakukan di Nanobioelectronics & Biosensors Group, Catalan Institute of Nanoscience and Nanotechnology (ICN2), Universitat Autònoma de Barcelona, UAB, Barcelona, Spanyol.

 

TESTIMONI:

Februari 2015 yang lalu, menjadi pengalaman pertama menginjakkan kaki di bumi Barcelona. Kesannya wow, seperti di antar barantah! Naik taksi dengan sensasi ngebut menjadi sensasi pertama saat perjalanan dari bandara El Prat Barcelona menuju asrama mahasiswa Universitat Autònoma de Barcelona (UAB).

 

Catalan Institute of Nanoscience and Nanotechnology (ICN2) berlokasi di area Kampus UAB Bellatera, sekitar 30 menit perjalanan menggunakan train S2 dari pusat kota (Plaça de catalunya). Lingkungan kampus sangat kondusif untuk riset dan belajar, walaupun jauh dari kota. Suasana hujau sejuk dan tenang pedesaan menambah semangat untuk riset.

 

Selama 6 bulan riset bersama Nanobioelectronics & Biosensors Group banyak hal yang saya dapat, komunitas riset yang kece, belajar bahasa, budaya, gaya hidup mereka, dan juga mengasah kemandirian. Saya belajar satu hal besar dari mereka, tentang gaya riset di Eropa, Spanyol khususnya, mereka mengutamakan riset berkualitas dan efisien. Work hard, play hard, and pray hard!

 

“Kalau mau hasil risetnya keren, ya paper yang dibaca juga harus lebih keren”.

 

Di sisi lain, untuk menjaga kualitas hidup tetap OK, Spanyol, khususnya Barcelona memang jagonya. Setiap akhir pekan adalah saatnya untuk traveling bin hunting foto dan spot menarik. Satu hal, di Spanyol kita gak bakal kehabisan spotmenarik untuk di kunjungi. Jangan lupa sempatkan untuk napak tilas sejarah kejayaan Islam di Spanyol, ini merupakan bagian dari perjalanan suci menurut saya, mulai dari mengunjungi Istana Al Hambra di Granada, Mezquita di Cordoba, sampai Sevilla.

 

Buat kawan semua yang masih single alias jomblo, jangan khawatir, di Barcelona ada keluarga baru di sana, mereka yang sama-sama merantau dari Indonesia, baik pelajar maupun pekerja bergabung bersama dalam komunitas Indonesia di Barcelona, salah satunya PPI Spanyol.

 

Jadi, menurut saya, Spanyol (Barcelona) dapat menjadi pilihan terbaik untuk melanjutkan studi, baik master atau doktoral. Fasilitas riset yang lengkap, komunitas internasional yang berkembang, dan lingkungan yang nyaman menjadi alasannya.

 

Berminat untuk menjelajah bumi Spanyol?

 

PESAN:

Kalau pun kita tidak kuliah di LN, namun bukan berarti kita tidak bisa mencicipi belajar dan menimba ilmu di luar negeri.

 

Ambil setiap kesempatan yang datang karena kita tak tahu yang mana yang akan memberimu sejuta pengalaman dan pembelajaran hidup.

 

Selamat berpetualang!

 

Jika ingin bertanya lebih jauh tentang programnya silakan merujuk pada:

Email: wiyogo.prio@alumni.ui.ac.id

Twitter: @yogobolang

Facebook: Wiyogo Prio Wicaksono

Whatsapp: +6285715267868

Link Program: http://www.nanobiosensors.org/

Link Universitas: http://www.icn.cat/index.php/en

 

PPI SPANYOL 1516

ppi.spanyol@gmail.com / @ppispanyol

#PPISpanyolBercerita