PPI Spanyol Bercerita #15

PSB_profil15-Pipih-LasPalmas

#PPISpanyolBercerita edisi kelimabelas ini akan menceritakan pengalaman Kak Pipih yang sedang menempuh studi S2 di Las Palmas melalui program IMPAKT Project Erasmus Mundus. Kak Pipih berkuliah di jurusan Master in Economics of Tourism, Transport and the Environment atau TiDES (El Instituto de Turismo y Desarrollo Económico Sostenible) di Universidad de Las Palmas de Gran Canaria (ULPGC).

 

TESTIMONI:

Hola Pelajar Indonesia! Saat ini saya sedang menempuh jenjang master di ULPGC di Canary Island. Program master saya adalah ekonomi dalam tiga bidang yaitu tourism, environment, dan transportation. Selain itu juga saya belajar tentang quality service, cost-benefit analysis, demand analysis and forecasting, dan lain-lain.

Master TiDES ini merupakan satu-satunya kelas Master yang dalam pembelajarannya menggunakan bahasa Inggris. Program ini hanya 10 bulan, aktif sejak awal Oktober dan berakhir akhir Juli. Saya belajar dengan 8 mahasiswa lain, 3 asli Spanyol, 2 dari Aljazair, 1 dari Tajikistan, 1 dari Uzbekistan dan 1 lagi dari Laos.

Sedangkan program Erasmus ULPGC tahun ini memiliki peserta lebih dari 50 orang yang datang dari berbagai negara, yang kebanyakan berasal dari negara arab di Afrika, yang memang dekat dengan Gran Canaria. ULPGC mengadakan kelas bahasa Spanyol gratis bagi mahasiwa Erasmus setiap hari Selasa dan Kamis pagi. Dan di akhir program, yaitu bulan Juli 2016 akan ada ujian serta kami akan mendapatkan sertifikat bahasa. Keren kan?😀

 

PESAN:

Bagi pelajar Indonesia yang ingin belajar di luar negeri, khususnya di Spanyol, berikut tips dari saya:

  1.    Apply beasiswa sebanyak-banyaknya. Jangan lupa pertimbangkan juga jurusan, durasi, dan tempat tujuan. Dan sebaiknya apply beasiswa yang full.
  2. Bahasa Inggris sudah pasti jadi syarat diterimanya beasiswa. Jangan lupa juga belajar bahasa Spanyol sebelum keberangkatan. Kamu bisa ambil kursus atau belajar sendiri dari internet. Saya belajar dari Duolingo dan YouTube.
  3. Apply visa Spanyol, konon paling ribet dibanding dari negara lain di Eropa. Boleh tengok beberapa tips temen-temen via Google, atau cek di blog saya http://pinurj.tumblr.com/post/130461226062ya walaupun mungkin masih acak-acakan tapi semoga bisa membantu.
  4. Selain visa, ijazah dan transkip S1 harus dilegalisir universitas asal, kemenhukam, kemenlu, dan kedutaan Spanyol. Detailnya tunggu post di blog saya ya! Hehe

 

Jika ingin bertanya lebih jauh tentang programnya silakan merujuk pada:

Email: p.nurjamilah@gmail.com

Twitter: @pinurj

Facebook: https://www.facebook.com/p.nurjamilah

Tumblr: pinurj.tumblr.com

Link Universitas: http://www.tides.ulpgc.es/en/

Link Program: http://www.impakt-asia.eu

 

PPI SPANYOL 1516

ppi.spanyol@gmail.com / @ppispanyol

#PPISpanyolBercerita
#PPISpanyolAsikGitu