PPI Spanyol Bercerita #13

PSBprofil13-Monica-Madrid

 

#PPISpanyolBercerita edisi ketigabelas ini akan menceritakan pengalaman Kak Monica telah menyelesaikan studi S2nya. Saat itu Kak Monica tinggal di kota Madrid dan berkuliah di Universidad Camilo José Cela (UCJC) Facultdad de Derecho y Economía dengan jurusan Master en Dirección Estratégica de RR.HH (Master of Strategic Human Resources Management).

 

TESTIMONI:

Kesan pertama yang saya dapat saat berada di Spanyol adalah karakter mereka yang kuat, bahkan mereka sendiri pun menamakan dirinya de sangre caliente yang artinya berdarah panas, tapi bukan darah tinggi loh ya. Maksudnya berdarah panas karena mereka memang ekspresif, bahkan banyak kesamaan dengan orang Indonesia, hanya saja mereka lebih terbuka. Ini juga yang membuat saya merasa nyaman di Spanyol, selain dari karakter orang-orangnya, juga cuacanya yang masih masuk akal dibandingkan negara-negara Eropa lainnya.

 

Saya putuskan untuk memilih UCJC mempertimbangkan jaraknya yang masih berada di zona centro Madrid (kampus saya merupakan cabang dari kampus utama yang lokasinya cukup jauh dari pusat kota).

 

UCJC adalah universitas swasta di Madrid dan mungkin karena itu pula tidak banyak mahasiswa asing seperti di universitas publik dan sebagai satu-satunya mahasiswi asing di kelas yang isinya semua adalah native spanish speaker, ini menjadi hal yang menarik buat saya karena sebagai underdog saya harus bisa menunjukkan agar bisa lulus tanpa harus mengulang ujian. Saya juga bersyukur karena banyak dari mereka yang simpatik, mulai dari kawan-kawan di kelas, dosen, hingga staf kampus.

 

PESAN:

Dikarenakan orang Spanyol banyak yang ngomongnya ga nyantai atau ngebut alias cepet banget, ditambah kalau pakai aksen kadang bikin gagal paham. Maka dari itu saya sarankan bagi yang ingin mengambil program master berbahasa Spanyol untuk setidaknya menguasai level/nivel B2 DELE agar bisa memahami materi yang diberikan.

 

Hal lain yang bisa menentukan taraf kebahagiaan dan keterlambatan kalian yaitu lokasi, pilihlah lokasi kampus yang tidak memakan jarak tempuh yang lama dari tempat kalian tinggal dan bisa diakses dengan mudah, kalau bisa tinggal ngesot. Lumayan kan waktu yang tersisa bisa dipakai untuk bonus tambahan menit di alarm pagi kalian.

 

Satu lagi yang sering ditanyakan orang Indonesia kalau kita tinggal di benua lain yaitu: “Jarang makan nasi yah?”, “Oh tentu tidak”. Well mungkin di negara Eropa lainnya iya, tapi hal ini tidak berlaku di Spanyol yang makanan khasnya disebut Paella (semacam nasi kuning). Jadi jangan khawatir buat kalian yang belum berasa makan kalau belum makan nasi, karena nasi ada dimana-mana tapi jangan harap ada “PaNas-Paket Nasi” di restoran cepat saji yah.

 

Walaupun Spanish food cocok untuk kita tapi rasanya ga ada yang nendang tanpa sambal. Kalau kalian berencana studi agak lama dan gampang homesick, coba bawa sambal selain bawa foto kekasih dan keluarga sebagai penyemangat, karena dengan semangat, kamu pasti bisa menyelesaikan.

 

Jika ingin bertanya lebih jauh tentang programnya silakan merujuk pada:

Email: mcresmi@yahoo.com

Twitter: @Moncharita

Link Universitas: http://www.ucjc.edu/

 

PPI SPANYOL 1516

Jangan Pernah Putus Asa Mencintai Indonesia

ppi.spanyol@gmail.com / @ppispanyol

#PPISpanyolBercerita

#PPISpanyolAsikGitu