PPI Spanyol Bercerita #12

PSBprofil12-Isram-Girona

#PPISpanyolBercerita edisi keduabelas ini akan menceritakan pengalaman Kak Isram telah menyelesaikan studi S2nya. Saat itu Kak Isram tinggal di kota Girona dan berkuliah di Universitat de Girona dengan jurusan Master Computer Vision & Robotic.

 

TESTIMONI:

Mendapatkan kesempatan menempuh studi di kawasan eropa barat dengan beasiswa penuh adalah suatu anugrah yang luar biasa yang telah diberikan oleh Allah SWT. Pada awalnya saya menempuh pendidikan Master Computer Vision and Robotic di Universite de Bourgogne, Prancis. Kemudian saya mendapatkan tawaran untuk melakukan stage (magang riset) di Universitat de Girona dengan riset yaitu pengembangan mobile robot bigbot untuk keperluan search and rescue (SAR). Beruntungnya saya adalah mendapatkan beasiswa tambahan dari erasmus dan conceil regional de bourgogne, karena pada saat itu setiap mahasiswa yang melakukan riset wajib diberikan upah, sedangkan kondisi Spanyol sedang mengalami krisis.

 

Ada perbedaan yang cukup signifikan pada iklim dan kebudayaan edukasi antara Prancis dan Spanyol. Di Spanyol, terasa lebih santai namun tetap menjunjung tinggi kaidah-kaidah penelitian. Masyarakatnya yang lebih mudah berbaur dan senang ke luar rumah.

 

Universitas juga memiliki lab-lab pendukung yang sangat lengkap, bahkan di UdG memiliki lab underwater robotic terbaik se-Spanyol. Di samping itu, UdG juga memiliki program master internasional yang lainnya, sehingga bagi teman-teman yang tidak mahir berbahasa Spanyol bisa mengikuti perkuliahan dalam bahasa Inggris.

 

 

PESAN:

Persiapan yang wajib dipenuhi adalah aspek legal dan psikis. Aspek legal yaitu dokumen visa, LoA (Letter of Acceptance), kecukupan pendanaan, dan tempat tinggal. Sedangkan psikis adalah kemampuan beradaptasi dengan tetangga, teman dan para profesor.

 

Iklim yang tidak sedingin Prancis, dirasakan cocok untuk mahasiswa Indonesia, apalagi makanannya pun lebih terasa di lidah orang Indonesia. Tidak perlu khawatir, resto Indonesia pun tersebar di kota Barcelona, walaupun KBRInya jauh di Madrid sana. Tidak perlu berkecil hati jika teman-teman tidak memiliki kemampuan bahasa asing yang mumpuni seperti bahasa Spanyol dan Inggris, yang terpenting teman-teman memiliki kepercayaan diri untuk berkomunikasi yang baik.

Jangan lupa untuk lapor diri ke KBRI Madrid dan kantor polisi setempat jika sudah sampai di Spanyol.

 

Bona Sort!

 

Jika ingin bertanya lebih jauh tentang programnya silakan merujuk pada:

Email: isramrasal@yahoo.com

Twitter: @isramrasal

Facebook:  www.facebook.com/isramrasal

Link Universitas: www.upv.es

 

PPI SPANYOL 1516

Jangan Pernah Putus Asa Mencintai Indonesia

ppi.spanyol@gmail.com / @ppispanyol

#PPISpanyolBercerita

#PPISpanyolAsikGitu