PPI Spanyol Bercerita #11

PSBprofil11-Whollie-Bilbao

 

Profil 11 Mbak Whollie

#PPISpanyolBercerita edisi kesebelas ini akan menceritakan pengalaman Mbak Whollie telah menyelesaikan studi S2 melalui program Erasmus Mundus. Saat itu Mbak Whollie tinggal di kota San Sebastian dan berkuliah di Universidad del Pais Vasco (UPV/EHU) di kota Bilbao dengan jurusan Marine Environment and Resources (MER).

 

TESTIMONI:

Program yang saya jalani saat itu menuntut mahasiswanya untuk menghabiskan tiap semester di tiga negara dari empat negara yang termasuk dalam konsorsium program MER (Spanyol, Inggris, Prancis, Belgia). Untuk semester kedua keseluruhan mahasiswa diharuskan menghabiskannya di Bilbao-Spanyol, tepatnya di UPV/EHU. Bilbao adalah salah satu wilayah Basque (salah satu etnik di Spanyol Utara). Mereka mempunyai bahasa yang sangat berbeda dari bahasa negara Eropa manapun. Namun, bahasa sehari-hari mereka tidak hanya bahasa Basque tapi juga bahasa Spanyol (Castellano). Mungkin pada awalnya orang-orang Basque akan sedikit menjaga jarak dengan pendatang baru khususnya dari luar Eropa, namun 1 atau 2 bulan setelahnya mereka akan terbiasa. Bilbao adalah tempat museum seni moderen dan kontemporer Guggenheim berada.

 

Khusus program MER, hampir keseluruhan kuliah dilakukan di stasiun kelautan (marine station) yang letaknya tepat di bibir pantai di Plentzia, dan jauh dari kampus utama di kota Bilbao. Fasilitas yang ada untuk mendukung penelitian di bidang biologi dan lingkungan laut cukup memadai di stasiun ini. Mulai dari ruang kelas, laboratorium, dan transportasi sampling di laut.

 

Acap kali saya juga harus datang ke kampus utama, untuk melakukan praktikum beberapa mata kuliah dan mencari referensi di perpustakaan. Hal ini dilakukan karena laboratorium yang lebih lengkap untuk mata kuliah tertentu. Beberapa peralatan dan teknologi canggih mereka punyai dalam penelitian bidang biologi dan lingkungan. Secara umum dari testimoni beberapa teman dari jurusan berbeda, UPV/EHU cukup terkenal mumpuni dalam penelitian di bidang biologi dan lingkungan baik di air dan darat. Gedung-gedung kampus utama hampir keseluruhan berdesain moderen. Perpustakaanya terorganisir cukup baik, lapang luas dan besar. Kantin yang tersedia juga cukup lapang, dan nyaman. Untuk muslim mereka punya menu serba ikan dan salad. Bus-bus umum tersedia masuk kampus.

 

PESAN:

Persiapan pendaftaran pada dasarnya dapat dilihat secara langsung di link yang saya sebutkan di bawah. Persyaratan pendaftaran dapat berubah sewaktu-waktu sehingga akan lebih akurat jika melihat langsung di link tersebut.

 

Jika sudah ada kepastian diterima, maka beberapa berkas bisa juga disiapkan untuk diterjemahkan ke dalam bahasa Spanyol dan Perancis untuk pegurusan visa.

Namun, persyaratan pengurusan visapun dapat berubah setiap tahunnya di setiap kedutaan.

 

Pembukaan pendaftaran kira-kira bulan November, biasanya mendapat kepastian diterima pada bulan Maret-Mei.

 

Jika ingin bertanya lebih jauh tentang programnya silakan merujuk pada:

Email: whollieswan@gmail.com

Link Universitas: http://merconsortium.eu/

 

PPI SPANYOL 1516

Jangan Pernah Putus Asa Mencintai Indonesia

ppi.spanyol@gmail.com / @ppispanyol

#PPISpanyolBercerita

#PPISpanyolAsik