PPI Spanyol Bercerita #10

PSB #9

 

#PPISpanyolBercerita edisi kesepuluh ini akan menceritakan pengalaman Kak Aninda telah menyelesaikan studi S2nya. Saat itu Kak Aninda tinggal di kota Valencia dan berkuliah di Universidad Politécnica de Valencia dengan jurusan Master de Evaluación y Seguimiento Ambiental de Ecosistemas Marinos y Costeros.

 

TESTIMONI:

Kampus saya terletak di Gandia (1 jam dari Kota Valencia) dan kampus ini bukan main campus dari UPV. Untuk S1, jurusan-jurusan yang ada hanya environmental science, audiovisual, dan tourism; sedangkan untuk S2 hanya ada beberapa juga termasuk jurusan saya, acoustic, dan post production. Untuk S1 ini ada kelas-kelas internasional berbahasa Inggris, tapi untuk jurusan-jurusan s2 tidak. Dalam 1 kelas memang jatah mahasiswanya lebih sedikit dibanding kampus UPV yang di Valencia, dan kampus ini menerima banyak exchange student, jadi seru karena dari siswa yang tidak terlalu banyak itu, keberagamannya cukup tinggi.

 

Saya datang ke UPV dengan kemampuan berbahasa Spanyol yang sangat minim (baru belajar A1) dan bahasa pengantar di kelas saya seluruhnya adalah bahasa Spanyol. Tapi pengajar-pengajar disana sangat membantu. Karena di jurusan saya 1 kelasnya hanya ada 7 orang, maka dosen bisa benar-benar memperhatikan setiap mahasiswanya. Akan tetapi, karena jurusan saya masih baru (saya angkatan kedua), jadi kalau ingin ikut konferensi-konferensi internasional atau hal-hal semacam itu, mahasiswa harus benar-benar cari sendiri.

 

PESAN:

Jangan ragu untuk bertanya sama dosen-dosen disana secara privat kalau di kelas tidak mengerti. Karena dulu dari 7 orang di kelas saya hanya 2 orang yang bahasa ibunya bukan bahasa Spanyol, jadi kadang saya iya iya saja di kelas, kemudian baru minta waktu ke dosen untuk menerangkan ke saya kembali di ruangan beliau. Dosen-dosen disana itu baik banget, lebih kayak teman daripada guru.

 

Karena bahasa pengantar di kelas bahasa Spanyol, dan ketika ujian bahasa Spanyol juga, coba minta pengecualian seperti kita boleh menjawab dalam bahasa Inggris dan menggunakan google translate. Sebagian besar dosen mengizinkan dan tidak akan mempengaruhi nilai. Akan tetapi, untuk presentasi mereka akan lebih menghargai ketika kia berusaha lebih keras dan presentasi dalam bahasa Spanyol, terutama untuk sidang akhir.

 

Selain itu, masalah bahasa kadang membuat kita merasa kurang percaya diri karena susah ngerti pelajaran di kelas, dan merasa bahwa kita lebih goblok dari mahasiswa-mahasiswa Spanyol. Padahal sebetulnya tidak seperti itu, makanya harus lebih aktif dan mesti ada effort lebih untuk tanya banyak ke dosen, ke teman-teman sekelas juga, dan banyak belajar otodidak, rasanya lebih puas kalau bisa ngalahin nilai-nilai mahasiswa-mahasiswa spanyol itu ketika ujian.

 

Satu lagi, karena kampus ini letaknya dekat sekali dengan pantai, jangan mudah tergiur main terus ya. Heheh

 

Jika ingin bertanya lebih jauh tentang programnya silakan merujuk pada:

Email: anindadewihindrawati@gmail.com

Link Universitas: www.upv.es

 

PPI SPANYOL 1516

Jangan Pernah Putus Asa Mencintai Indonesia

ppi.spanyol@gmail.com / @ppispanyol

#PPISpanyolBercerita