Persiapan Kuliah di Spanyol

Memilih jurusan kuliah di Spanyol

Daftar Universitas di Spanyol

Biaya perkuliahan di Spanyol

Sistem perkuliahan di Spanyol, bisa di bilang sedikit berbeda dengan beberapa negara di lain di Eropa. Di Spanyol perkuliahan, umumnya tidak gratis. Biaya perkuliahan di Spanyol umumnya berdasarkan kredit kuliah yang di ambil. Umumnya untuk S1 terdiri dari 240 ECTS (sks) atau 180 ECTS, S2 120 ECTS atau 60 ECTS, S3 180 ECTS.  Untuk rincian biaya yeng lebih lengkap  bisa langsung mengunjungi atau menghubungi universitas yang di tuju.

Masa Pendaftaran Kuliah

Untuk perkuliahan di Spanyol, umumnya di mulai sekitar pertengahan bulan September atau pun terkadang awal Oktober, tergantung Universitasnya masing-masing. Untuk early applicant umunya di beri deadline di bulan Februari. Namun untuk batas ahir pendafataran sender biasanya ditutup pada bulang Juni.

Dokumen-dokumen yang Perlu di Persiapkan

Untuk mendaftar pada salah satu program studi di Spanyol, pada umumnya, dokumen-dokumen yang perlu disiapkan adalah sebagai berikut:
1. CV
2. Motivation letter / Statement of Purpose
3. Reference letter / Surat Rekomendasi
4. Ijazah / Diploma
5. Transkrip nilai
6. Sertifikat Bahasa (Bahasa inggris/ bahasa Spanyol)

*keterangan: Beberapa universitas mengharuskan mahasiswanya apabila sudah diterima untuk melegalisir dokumen ijazahnya:
Ijazah yang dilegalisir di 3 tempat (Kemenkumham, Kemenlu, dan Kedubes Spanyol)
Sebagai konsekuensi dari belum adanya MoU antar negara Indonesian dengan Spanyol tentang pendidikan, maka prosedur legalisasi Ijazah ini mesti dilakukan.

Dua hal yang berbeda antara ijazah universitas negeri dan universitas swasta. Universitas swasta harus dimulai proses legalisir ini dari Kemendiknas kemudian dilanjutkan ke Kemenkumham, Kemenlu, dan Kedubes Spanyol. Sedangkan universitas negeri langsung dari Kemenkumham, Kemenlu, dan Kedubes Spanyol.

Seperti halnya Ijazah, SKCK pun juga demikian. Harus dilegalisir di tiga tempat tersebut diatas (Kemenkumham, Kemenlu, dan Kedubes Spanyol). Semua dokumen harus diterjemahkan ke dalam bahasa Spanyol.

Selengkapnya soal visa silahkan mengunjungi ke sini

Letter of Acceptance

Letter of Acceptance (LoA) atau surat penerimaan universitas merupakan tanda bukti bahwa mahasiswa sudah diterima di Universitas. Letter of Acceptance didapatkan setelah semua dokumen diterima oleh Universitas dan dinyatakan “accepted” oleh Universitas.

Tips-tips untuk bisa lolos dan mendapatkan LoA
Untuk bisa diterima di kampus yang diinginkan ada beberapa cara untuk memberikan nilai tambah sebagai kualifikasi:

  1. IPK yang mencukupi. Ini diperlukan untuk memenuhi standar minimum yang dibutuhkan
  2. Perbanyak kegiatan ilmiah seperti pengalaman riset atau mengikuti lomba ilmiah
  3. Pengalaman kerja yang linier dengan jurusan yang dituju. Pengalaman profesional bisa menjadi nilai tambah yang memberikan pertimbangan bagi para juri dalam menyeleksi mahasiswa
  4. Kemampuan berbahasa yang baik. Kemampuan bahasa inggris adalah sebuah standar minimum untuk bisa berkuliah di luar negeri. Untuk di Spanyol sendiri, apabila memiliki kemampuan berbahasa Spanyol, tentu ini akan menjadi poin yang sangat positif
  5. Surat motivasi yang menarik. Motivation letter tentu menjadi profil yang tidak tertera pada CV. Di motivation letter, bisa diceritakan mengenai latar belakang dan tujuan atau cita-cita yang akan dicapai apabila sudah diberi kesempatan untuk kuliah di tempat yang dituju.
  6. Surat rekomendasi dari dosen atau ahli di jurusan yang dituju.