Tanya-Jawab

  • Apakah pemegang visa Schengen Spanyol dapat mengunjungi negara-negara lain anggota Uni Eropa?

Iya, kecuali untuk negara-negara seperti Inggris Raya, Irlandia, Rumania, Bulgaria, dan Siprus.

  • Apakah pemegang visa nasional Spanyol dapat melakukan perjalanan ke negara-negara lain di Eropa?

Iya, setelah yang bersangkutan mendapatkan kartu tinggal sementara (NIE) atau surat pengantar dari kantor imigrasi setempat.

  • Apakah saya bisa mendaftar asuransi kesehatan Spanyol dari Indonesia sebagai persyaratan mengajukan visa?

Tidak, kecuali asuransi kesehatan internasional yang mempunyai cabang di Indonesia. Sebaiknya anda memilih salah satu asuransi kesehatan yang sudah diakui oleh kedutaan. List nya dapat anda download langsung di website ini.

  • Dimana tempat strategis untuk menginap/booking hotel di Madrid?

Puerta del Sol adalah distrik paling strategis karena merupakan city center dan juga tourist center kota Madrid. Disekitar distrik tersebut banyak sekali bangunan-bangunan bersejarah seperti Palacio Real, Plaza de Cibeles, Plaza Mayor, Puerta de Alcalá, Plaza de España. Plaza de Colón dan masih banyak lagi. Selain itu, distrik tersebut juga terdapat banyak pusat perbelanjaan sehingga sudah pasti menjadi daya tarik bagi para turis.

  • Dimana tempat strategis menginap/ booking hotel di Barcelona?

Placa Cataluña atau Passeig de Gracia.

  • Berapa living cost di Granada?

Pada dasarnya, kecuali tiga kota besar yang memiliki perbedaan biaya hidup lebih mahal, yaitu Madrid, Barcelona, dan Valencia. Namun memang tidak begitu jauh perbedaannya.

Untuk living cost, secara kasar 500 euros/bulan sudah dapat hidup dengan sangat layak (minus uang makan di restaurant dan nge-bar ya… Hehehehe..). Disini paling oke memang masak sendiri. Sewa apartemen kalau sharing skitar 175-250 euros/bulan. Tetapi, biaya sewa belum termasuk listrik, air, air panas dan gas (beberapa apartemen ada yangg menggunakan kompor dan pemanas dengan gas), sebulannya kalau sharing per orang sekitar 50 euros (Maximum). Saya masak sendiri, belanja mingguan skitar 30 euros (itu sudah sangat cukup), total 120 euros sebulan. Kalau ditotal semuanya, dengan 420 euros sudah bisa hidup nyaman.

  • Apakah ada agen pendidikan ke Spanyol di Indonesia seperti Edlink?

Sepengetahuan kami, belum ada agen pendidikan yang khusus menjadi perantara antara calon mahasiswa dan universitas di Spanyol karena kebanyakan memang agen tersebut mengurusi untuk negara-negara tujuan yang sudah banyak diminati pelajar Indonesia seperti Inggris Raya, Belanda, Jerman, Australia, dll.

  • Bagaimana sistem pembayaran ketika masuk Rumah Sakit?

Jika kita memiliki asuransi kesehatan non Spanyol, kita tetap akan dilayani dengan baik. Tagihan akan datang ke rumah kita melalui pos, dimana kita diminta untuk membayarkannya ke Bank yang ditunjuk Rumah Sakit. Akan tetapi jika kita memiliki asuransi kesehatan Spanyol seperti Adeslas dan Mafre, maka kita cukup menyerahkan kartu kesehatan kita kepada resepsionis. Dan selesai perkara. Lebih direkomendasikan mendatangi rumah sakit yang mempunyai kerjasama dengan asuransi kesehatan kita, agar penanganan menjadi lebih maksimal.

Jika anda mempunyai pertanyaan lain, silahkan kirim pertanyaan anda langsung ke email kami ppi.spanyol@gmail.com atau anda dapat menanyakan kepada anggota-anggota kami yang namanya tercantum di bagian Daftar Anggota PPI.