Berita

PPI Spanyol Bercerita #19

jenny

#PPISpanyolBercerita edisi ke sembilan belas ini akan menceritakan pengalaman Kak Jenny yang sedang menempuh studi S2 di kota Barcelona. Kak Jenny adalah penerima beasiswa LPDP dan berkuliah di Universitat de Autonóma Barcelona melalui program Erasmus+ Logistics and Supply Chain Management (LSCM).

Testimoni:

“Kenapa kuliah ke Spanyol, mau nonton bola pasti kamu ya?” Pertanyaan seperti itu kerap saya terima ketika memutuskan kuliah di Barcelona, bahkan interviewer beasiswa pun bertanya demikian. Walaupun awalnya Spanyol tidak pernah ada dalam daftar negara incaran saya untuk studi, tapi siapa sangka justru impian masa kecil saya yang menjadi kenyataan. Masih teringat jelas 18 tahun lalu saat menyaksikan megahnya World Cup 1998 di televisi 14 inch, saat itu saya terpukau dengan megahnya stadion yang seketika membuat saya jatuh cinta pada sepak bola. Bahkan doa saya di ultah tahun kemarin adalah “Tuhan, kalau memang kuliah di Eropa adalah rejeki saya yang masih Engkau simpan, semoga tahun depan saya bisa berada Camp Nou”. Alhasil 4 bulan tinggal di Spanyol dan saya bisa menyaksikan gol pinalti Messi di Mestalla, merasakan megahnya Santiago Bernabeu, mengunjungi Vicente Calderón sebelum Atletico de Madrid pindah ke kandang barunya tahun depan, dan tentu saja, merayakan ultah tahun ini di Camp Nou!

Program Master in LSCM yang saya tempuh saat ini berbeda dengan program serupa yang umumnya lebih merujuk ke aspek management. Karena programnnya adalah Master in Engineering, materi yang diajarkan lebih ke technical dan pendalaman di bidang IT. Salah satu materi favorit saya adalah ketika belajar tentang air traffic management di mana kita belajar membuat flight schedule simulation dan saya akhirnya tahu kalau satu area di langit harus ‘clear’ selama 15 menit sebelum dilintasi oleh pesawat berikutnya. Jadi ngerti kan alasannya kenapa delay dalam penerbangan sering terjadi (:

Pesan:

Kuncinya belajar di luar negeri adalah pintar manajemen waktu dan uang. Kuliah di sini lebih besar tantangannya, mulai dari bahasa hingga materi, kalau tidak diselingi refreshing bisa stress sendiri. Saya pribadi rela selama hari kerja menghabiskan waktu di lab dan perpustakaan buat merampungkan semua assignment, jadi saya punya waktu bebas buat refreshing pas weekend. Pokoknya akhir pekan buat me-recharge semangat dengan hal-hal menyenangkan, entah untuk sightseeing, ke bioskop, atau ngumpul sesama teman PPI. Tinggal di luar negeri juga harus pintar me-manage uang. Saya mengupayakan selalu masak dan bawa bekal dari rumah ke kampus, makan di luar terkadang pas weekend saja. Hasilnya? Punya tabungan buat Eurotrip dan skill masak pun makin terasah. Prinsipnya bukan cuma work hard play hard, tapi juga save more, travel often!

Oh ya satu lagi, karena perkataan adalah doa, selalulah berkata yang baik-baik. Dulu saya cuma anak miskin yang berangan-angan bisa sekolah tinggi dan keliling dunia. Beberapa teman sekolah saya dulu suka menertawakan jika saya mulai menyebutkan tempat-tempat indah yang ingin saya kunjungi. Alhamdulillah ternyata mimpi saya sejalan dengan usaha saya untuk meraihnya. Jika kamu punya mimpi untuk sekolah di luar negeri, segeralah mulai berjuang dan selingi dengan doa untuk mewujudkannya. Batas impian adalah langit. Universe supports you, God rewards you🙂

 

Jika ingin bertanya lebih jauh tentang programnya silakan merujuk pada:

Twitter: @jennyrockmantic

Facebook: Jeanne Svensky Ligte

Instagram: @mypassporttoparadise

 

PPI Spanyol Bercerita #18

william_ppispanyolbercerita

#PPISpanyolBercerita edisi ke delapan belas ini akan menceritakan pengalaman Will menjalani program Máster de Odontología Restauradora Estética di Universidad Internacional de Cataluña, Sant Cugat del Valles, Spanyol.

Testimoni:

Awal datang ke Spanyol, saya sempat merasa khawatir bila nanti saya sendirian saja di Spanyol. Kemudian saya berusaha untuk mencari komunitas pelajar Indonesia dan saya bertemu dengan Mas Anggoro, ketua PPI wilayah Barcelona. Hari pertama saya mengikuti acara 17 Agustusan di sebuah taman diatas bukit, dan saya merasa telah menemukan rumah kedua.

Universitas tempat saya belajar adalah universitas swasta terkemuka di Spanyol, terletak di Sant Cugat del Valles, sebuah kota kecil di luar Barcelona. Apabila tinggal di Barcelona, jangan khawatir dengan transportasi, karena konektivitas Barcelona dengan kota-kota sekitar sangat baik, sehingga cukup mudah diakses.

Disini saya belajar banyak hal baru yang sebelumnya belum pernah diajarkan oleh kurikulum di Indonesia. Kemampuan teori dan praktik benar-benar diasah dan diperdalam. Pergaulan dengan bangsa asing dapat membentuk karakter yang baru, terutama dalam hal toleransi antar bangsa. Pada akhirnya saya yakin dapat menjadi pribadi yang berbeda dan lebih baik dari sebelumnya.

Pesan:

Bagi yang ingin berkuliah di universitas ini, dapat berkonsultasi dengan laman http://www.uic.es. Apabila mendaftar dengan program beasiswa, pastikan anda diterima terlebih dahulu. Universitas dapat memberikan Letter of Acceptance untuk mendukung persyaratan beasiswa.

Jika ingin bertanya lebih jauh tentang programnya silakan merujuk pada:

Twitter: @_williamthememo

Facebook: http://www.facebook.com/william.a.santoso

Instagram: @williamthememo

Link universitas: www.uic.es

 

Donasi PPI Spanyol untuk Garut

Mari berdonasi untuk saudara kita di Garut!

14446136_553902724817302_122547769854981780_n

Banjir bandang di Garut yang terjadi minggu terakhir september 2016 mengakibatkan kerusakan sampai dengan kehilangan korban jiwa. Sebanyak 32 korban jiwa dan 20 orang dinyatakan hilang, rusaknya 380 rumah dan pengungsian sejumlah 6000 orang merupakan tragedi yang cukup mengerikan. Mari kita ringankan beban mereka dengan menyisihkan sebagian yang kita miliki…semoga tuhan melindungi kita semua…aamiin…
(The flood that happened in Garut during the last week of September 2016 caused massive damage and loss of lives. The current numbers state 32 deaths, 20 people reported missing, 380 houses ruined, and over 6000 people evacuating to the refugee camps.
The region is in dire need of aid. Your help can mean a big difference. God bless us all…)
Picture of flood disaster (https://drive.google.com/…/fo…/0Bxv5gATlCmBdQXp5NW9JZFBPRU0…)
Video of flood disaster (https://drive.google.com/…/fo…/0Bxv5gATlCmBdaEFvM0pCN0VnTWc…)