Undangan Makan Malam Bersama Menteri Perdagangan dan Duta Besar RI untuk Kerajaan Spanyol

mendag
Menteri Perdagangan Republik Indonesia Enggartiarto Lukita dan Duta Besar Republik Indonesia untuk Kerajaan Spanyol Hermono beserta istri.

Pada hari Senin (1/10/2018) yang bertepatan dengan hari kesaktian pancasila, secara mendadak mendapatkan undangan khusus dari Direktur ITPC untuk turut serta diskusi dan makan malam bersama Menteri Perdangan RI yang diselenggarakan pada hari Kamis, 4 Oktober 2018 dimulai pukul 19.00 CEST di Wisma Duta Republik Indonesia Madrid, Spanyol. Pada saat bersamaan jajaran Kementrian Perdangan melakukan kunjungan kerja ke Spanyol dengan agenda “Pertemuan Bilateral Menteri Perdagangan RI dengan Menteri Industri, Perdagangan, dan Pariwisata Spanyol”. Dalam pertemuan ini, kedua menteri membahas perkembangan kerja sama Indonesia-Uni Eropa di bidang perdagangan. Acara makan malam ini merupakan agenda terakhir dalam lawatannya ke Spanyol karena keesokan harinya sudah harus bertolak ke beberapa negara eropa lainnya untuk melanjutkan lawatannya sebelum bertolak ke Indonesia.

mendag2
Menteri Perdagangan RI, Enggartiasto Lukita melakukan pertemuan bilateral dengan Menteri Industri, Perdagangan, dan Pariwisata Spanyol, Maria Reyes Maroto Illera di Madrid, Spanyol, Kamis (4/10).

Terlepas dari agenda rombongan kementrian perdagangan dalam lawatannya ke eropa, dimana pihak KBRI Madrid telah membantu & menfasilitasi proses kerjasama itu, KBRI (melalui atase perdagangan) juga mengundang makan malam bersama dengan semua jajaran staf KBRI Madrid, ITPC Barcelona, Diaspora & Perwakilan Pelajar. Dalam kesempatan ini, saya beruntung mewakili dari pelajar. Dalam kesempatan makan malam ini, ternyata yang hadir tidak hanya rombongan dari kemendag saja, tapi juga hadir Arif Havas Oegroseno Duta Bersar RI (Berlin) untuk Republik Federal Jerman beserta staf, rombongan komisi VI DPR RI yang dipimpin oleh wakil ketua Azam Azman Natawijana sebagai wujud pengawasan langsung kepada kinerja pemerintah melalui kemendag, rombongan staf Bank Indonesia (BI), para pengusaha & perusahaan yang bergerak dalam bidang palm oil, partner business dari Spanyol, para wartawan nasional Indonesia dan warga Indonesia yang ada di Spanyol (termasuk pelajar). Dalam kesempatan ini pun, lagi-lagi saya merasa beruntung karena Atase Perdagangan Ibu Elisa Rosma meminta saya untuk duduk satu meja dengan Bapak Menteri dan wakil ketua komisi VI DPR RI. Kesempatan langka ini kami mulai perbincangan santai dengan memperkenalkan diri masing-masing dan hal-hal yang melatarbelakangi alasan keberadaan di Spanyol. Diskusi semakin menarik ketika pak Menteri bercerita tentang kegiatan yang telah terlaksana sejak bertolak dari Zurich, Swiss menuju Madrid Spanyol yaitu tentang Perjanjian perdagangan dengan negara-negara uni-eropa dalam bidang palm oil.

mendag3
Suasana diskusi satu meja dengan menteri perdangan dan wakil ketua komisi VI DPR RI serta perwakilan diaspora Indonesia di Spanyol (Madrid & Barcelona). Atase perdagangan KBRI Madrid (berdiri kacamata).

Sambutan Menteri Perdagangan dalam acara itu mengemukakan tentang pentingnya usaha meningkatkan ekspor kelapa sawit Indonesia ke negara-negara eropa yang merupakan penyumbang ekspor terbesar kelapa sawit di dunia bersama dengan Malaysia. Pemerintah telah berupaya juga meningkatkan kerjasama di bidang perdagangan ekspor komoditi lain ke negara-negara eropa.

Saya memiliki kesempatan berbincang dengan Pak Menteri tentang kegiatan pelajar yang ada di Spanyol dengan berbagai kompetensi masing-masing, yaitu riset dan diseminasi hasil riset. Pemanfaatan hasil riset pelajar Indonesia yang studi di luar negeri masih belum optimal karena berbagai keterbatasan, diantaranya terkait kebijakan pemerintah, tingkat kepercayaan masyarakat Indonesia terhadap teknologi anak negeri masih kurang, dukungan pihak swasta/industri hampir tidak ada, dan kendala lainnya.

Selain itu, pada kesempatan yang sama, Direktur ITPC Barcelona, Bapak Deden Muhammad Fajar Sidiq, bersedia untuk mendukung agenda besar PPI Spanyol pada bulan April tahun 2019, yaitu Simposium Amerika-Eropa (SAE) di Barcelona, dengan menerima dan akan membawa langsung proposal acara tersebut ke Jakarta. Saya sebagai salah satu bagian dari panitia SAE sangat bersyukur dan berterima kasih atas kerjasama beliau.

mendag4
Foto bersama sesaat sebelum mengakhiri acara makan malam bersama para tamu undangan.

Acara makan malam diakhiri dengan foto bersama dengan tuan rumah (KBRI) dan semua tamu undangan. Beberapa wartawan jugaturut serta mengabadikan momen tersebut sebagai bukti rasa kekeluargaan dan kerjasama antar kementrian dan antar sesama warga negara Indonesia yang ada di luar negeri.

Sumber informasi lebih lanjut terkait lawatan menteri perdagangan ke eropa beserta rombongan:
http://www.kemendag.go.id/id/photo/2018/10/05/pertemuan-menteri-perdagangan-ri-dengan-menteri-industri-perdagangan-dan-pariwisata-spanyol

Foto lain yang terkait.

mendag5
Bersama dengan perwakilan Irjen Kemendag RI, Wakil Ketua Komisi VI DPR RI, Wakil Ketua Umum Asosiasi Produsen Biofeul Indonesia (APROBI), Perwakilan Business Partner dari Spanyol (berdiri kiri), ketua Diaspora Catalunya (Wanita berdiri) & ketua PPI wilayah Catalunya, Spanyol (berdiri kanan).
mendag6
Bincang-bincang santai & bertukar kartu nama.

Wakil Ketua Komisi VI DPR RI – Azam Azman Natawijana
Duta Besar RI untuk Kerajaan Spanyol – Hermono
Menteri Perdagangan – Enggartiarto Lukita
Atase Perdagangan, KBRI – Elisa Rosma
Direktur ITPC Barcelona – Deden Muhammad Fajar Sidiq

Ditulis oleh Qomaruddin
PhD Student in Nanotechnology/Nanosensors
Universitat de Barcelona, Spain