Notulensi Audiensi dengan Ristekdikti

foto

Pada hari Sabtu 29 September 2018 lalu, Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) Republik Indonesia mengadakan audiensi dengan beberapa mahasiswa Indonesia di Spanyol yang terhimpun dalam Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) Spanyol.

Audiensi diselenggarakan di restoran Sabor Nusantara pada pukul 15.00 waktu
setempat. Audiensi diikuti sepuluh orang mahasiswa yang sedang menempuh studi di Spanyol. Acara juga dihadiri Irjen Kemenristekdikti, Prof. Dr. Jamal Wiwoho, SH., M.Hum. Pokok-pokok yang menjadi bahasan dalam audiensi salah satunya merupakan penyampaian data demografi pelajar Indonesia di Spanyol yang tersebar di berbagai daerah di Spanyol seperti Madrid, Sevilla, Barcelona, dan Valencia. Hal ini disampaikan oleh Sdr. Mahir Pradana selaku wakil ketua PPI Spanyol periode 2018/2019.

WhatsApp Image 2018-09-29 at 18.27.45

Permasalahan lainnya yang menjadi perhatian utama dalam audiensi ini adalah adanya kesulitan bagi pelajar Indonesia yang hendak menempuh studi di Spanyol dalam hal legalisasi ijazah. Adapun proses yang perlu ditempuh cukup panjang dan rumit, yakni melalui Kementrian Ristek Dikti, Kemenkumham, dan Kemenlu. Hal tersebut dikarenakan Indonesia belum termasuk ke dalam negara yang tergabung dalam The Hague Convention. Dalam konvensi tersebut, terdapat kesepakatan bagi negara-negara yang tergabung di dalamnya untuk menghapuskan kebutuhan untuk melegalisasi dokumen publik seperti halnya ijazah. Penyampaian permasalahan ini didengarkan dan ditanggapi dengan baik oleh pihak Dikti.

Terakhir, tidak adanya atase pendidikan di Spanyol juga disampaikan oleh PPI. Padahal dengan adanya atase pendidikan tentu akan membantu para pelajar Indonesia di luar negeri. Hal ini kemudian ditanggapi oleh pihak Dikti yang menyampaikan bahwa atase pendidikan berada di bawah wewenang dan anggaran Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Isu ini juga sedang berusaha diselesaikan agar ke depannya para pelajar Indonesia di luar negeri tidak mengalami kesulitan yang berarti.

Ditulis oleh: Fega Ayu Pangestika