PPI Spanyol Berperan Aktif dalam Simposium Internasional PPI se-Dunia di Moskow

Pada tanggal 23 Juli 2018 – 27 Juli 2018 kemarin Perhimpunan Pelajar Indonesia tingkat Dunia (PPI Dunia) melaksanakan Simposium Internasional (SI) yang ke-10 bertempat di Moscow, Russia. Perhimpunan Mahasiswa Indonesia di Russia (PERMIRA Russia) menjadi tuan rumah yang mengorganisir keberlangsungan acara ini. PPI Spanyol diwakili oleh Jeanne Svensky Ligte (Universitat Autonoma de Barcelona) dan Sahilaushafnur Rosyadi (Universitat Politecnica de Catalunya).

Kegiatan ini diawali dengan pemaparan materi dari Keynote speaker yaitu Prof Dr. H. Muhammad Tito Karnavian selaku Kepala POLRI tentang “Peran Pemuda dalam Mewujudkan Indonesia sebagai Negara Dominan”. Pemateri selanjutnya adalah Wakil Ketua MPR, Dr. H. Mahyudin, ST. MM. yang memaparkan mengenai partisipasi aktif pemuda melalui penelitian dan menjadi bagian dari pemerintahan. Usai pemaparan dari kedua tokoh tersebut, dilanjutkan dengan diskusi panel tentang Pendidikan dan kebudayaan, pembangunan daerah, kesehatan, dan ekonomi dan pariwisata.

SIRusia1
Delegasi foto Bersama dengan para undangan dan pengisi acara SI Rusia

Di antara panel-panel tersebut ada Deputi V Kantor Staf Kepresidenan Republik Indonesia, Dra. Jelaswari Pamodhawardani, M,Si; Atase Pendidikan Kebudayaan (Atdikbud) Republik Indonesia untuk Filipina, Dr. Lili Nurlaili; Atdikbud RI untuk Singapura, Dra. Enda Wulandari, M.Sc; Ketua Asosiasi Dosen Indonesia, Bapak Dr. Dino Patti Djalal; Ketua Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia, Dito Ariotedjo; dosen Fakultas Kesehatan Universitas Kristen Indonesia, dr. Sudung Nainggolan, MHSc; dosen Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, dr. Nyityasmono Tri Nugroho SpB; Ketua Umum Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI), Bahlil Lahadalia; dan Staf Ahli bidang Multi Kultural Kementrian Pariwisata Republik Indonesia, Dra. Esthy Reko Astuti.

Usai hari pertama yang diisi oleh pembicara dan diskusi panel, hari kedua, ketiga, dan keempat dilanjutkan dengan sesi kelembagaan dan diskusi komisi. Presidium sidang terdiri dari 3 orang perwakilan masing-masing kawasan, yaitu Hani Adhani (Asia-Oseania), Eric Daniel Tenda (Amerika – Eropa), dan Muhhamad Ghifari (Timur Tengah dan Afrika). Beberapa hasil penting dalam keberlangsungan sesi kelembagaan adalah sebagai berikut:

  1. Disahkannya AD/ ART PPI Dunia yang sudah dikaji ulang oleh tim Ad Hoc Amandemen AD/ ART PPI Dunia.
  2. Terpilihnya Fadjar Mulya dari PERMITA Thailand sebagai Koordinator PPI Dunia terpilih untuk periode 2018/2019.
  3. Terpilihnya Malaysia sebagai tuan rumah Simposium Internasional yang ke-11 pada tahun 2019.
  4. Diterimanya Laporan pertanggungjawaban (LPJ) Pengurus PPI Dunia periode 2017/2018 tanpa syarat.
  5. Diterimanya anggota baru PPI Dunia yaitu: PPI Azerbaijan, PPI Aljazair, PPI Belanda, dan PPI Kuba.
  6. Mengajukan beberapa rekomendasi di bidang ekonomi, pendidikan, kesehatan, sosial budaya, dan energi.

Delegasi utama PPI Spanyol berperan cukup aktif dalam SI kali ini. Jeanne Svensky Ligte (Jeanne), yang baru saja terpilih sebagai Wakil Koordinator PPI kawasan Amerika-Eropa 2018/2019 berkontribusi dengan menjadi moderator untuk diskusi panel tentang ekonomi dan pariwisata. Jeanne juga menjadi ketua diskusi komisi sosial budaya dan menyampaikan presentasi rekomendasi sosial budaya di depan delegasi utama lainnya. Sementara itu, Sahilaushafnur Rosyadi (Sahil), selaku Ketua Panitia Simposium Kawasan (SK) Amerika-Eropa tahun 2019, juga aktif dengan menjadi Koordinator Divisi Acara untuk Pemilihan Raya (PEMIRA) Koordinator PPI Dunia 2018/2019 dan memberikan presentasi rekomendasi untuk bidang energi.

SIRusia2
Jeanne (Kiri) dan Sahil (Kanan) menjadi delegasi yang aktif selama pelaksanaan SI Rusia

Keikutsertaan PPI Spanyol pada acara ini juga merupakan ajang sosialisasi tentang SK Amerop 2019. PPI Spanyol akan menjadi tuan rumah pada SK Amerop 2019, direncanakan lokasi symposium adalah di Kota Barcelona. Selain sosialisasi, PPI Spanyol juga mengambil banyak pelajaran dari PERMIRA selaku panitia untuk acara ini. SK Amerop tahun 2019 akan membawa tema turisme cerdas atau smart tourism.

Selain itu, PPI Spanyol berbangga karena dalam PPI Dunia Awards, konferensi ilmiah yang diadakan oleh para pelajar Indonesia di Spanyol, yaitu International Conference on ASEAN Studies (ICOAS) yang diadakan di Madrid, 20-23 Maret 2018 silam, memenangkan nominasi ke-3 sebagai program kegiatan PPI yang paling terinspiratif.

SIRusia3
SI di Rusia juga menjadi ajang silaturahmi bagi para delegasi PPI negara

Terakhir, PPI Spanyol mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada Koordinator PPI Dunia periode tahun 2017/2018, Pandu Hutama Manggala dan jajaran pengurus PPI Dunia tahun 2017/2018 atas segala kerja keras selama setahun menjabat. PPI Spanyol mengucapkan selamat dan semangat bekerja untuk Fadjar Mulya selaku Koordinator PPI Dunia tahun 2018/2019 semoga segala yang dicita-citakan dapat tercapai setahun ke depan. Tak lupa, PPI Spanyol mengucapkan apresiasi sebesar-besarnya kepada Jeff Kalengkongan, Ketua PERMIRA dan Ramadhan selaku Ketua Pelaksana SI Russia ke-10 atas kehangatannya sebagai tuan rumah dan menyajikan SI yang sangat terorganisir.

Kami tunggu teman-teman semua di SK Amerop 2019 di Barcelona!

¡Hasta Luego!
Oleh: Sahilaushafnur Rosyadi (UPC, PPI Spanyol 2018/2019)