PPI Spanyol Bercerita #29

 

doddy_ppi-spanyol-bercerita

#PPISpanyolBercerita edisi ke dua puluh sembilan ini akan menceritakan pengalaman Pak Doddy yang sedang menempuh studi S3 (PhD) di kota Oviedo. Pak Doddy adalah penerima beasiswa Erasmus+ dan berkuliah di Universidad de Oviedo dengan jurusan Energy Engineering / Erasmus Mundus Swap and Transfer (SAT). Pak Doddy saat ini juga ikut aktif sebagai Bendahara 1 PPI Spanyol 2016-2017.

Testimonial:

Selama studi di Universidad de Oviedo, Alhamdulillah Professor dan teman-teman PhD sangat baik kepada saya, sehingga selama studi saya sangat terbantu, dan fasilitas untuk penelitian saya sangat mendukung. Kita bisa bertanya dan berdiskusi dengan Professor lainnya, jadi tidak ada batasan kita hanya berkonsultasi pada supervisor.

Pesan:

Hal-hal yang dasar perlu dipersiapkan sebelum kuliah di Spanyol:

  • Belajarlah dasar-dasar percakapan Spanyol, karena masyarakat Spanyol sangat bangga dengan bahasa mereka, walau kita kuliah menggunakan bahasa Inggris.
  • Untuk pendaftaran biasanya dimulai sekitar bulan Maret-Juli setiap tahun, untuk lebih jelas bisa cek web universitasnya.
  • Untuk program S3 sebaiknya menghubungi professor di jurusan yang kita pilih, jika ada rekomendasi dari professor, kita akan lebih mudah diterima di universitas yang kita pilih.
  • Salah satu kota terbaik untuk tinggal ada Oviedo dan Propinsi Asturias merupakan salah satu kota termurah untuk biaya hidup, rata-rata hanya 350-500 euro/bulan

Jika ingin bertanya lebih jauh tentang programnya silakan merujuk pada:

Twitter: @Doddy_Kudo

Facebook: Doddy Irawan

Website Universitas / Program: http://www.uniovi.es/ dan http://www.swap-transfer.eu/