PPI Spanyol Bercerita #28

jovano

#PPISpanyolBercerita edisi ke dua puluh delapan ini akan menceritakan pengalaman Kak Jovano yang sedang menempuh studi S2 di kota Valencia. Kak Jovano adalah penerima beasiswa Erasmus+ dan berkuliah di Universitat Politècnica de València dengan jurusan European Master degree in Plant Health in Sustainable Cropping Systems (PlantHealth). Kak Jovano yang sebelumnya aktif di PPI Jepang, saat ini juga ikut aktif di Divisi PSDM PPI Spanyol.

 

Testimonial:

Waktu pertama sampai di Spanyol, jujur ada perasaan takut karena saya tidak bisa bahasa Spanyol sama sekali dan merasa sebagai orang asing diantara bule-bule. Tapi setelah beberapa hari tinggal di Valencia dan mengalami sendiri keramahan orang-orang Spanyol rasa takut itu hilang. Mereka menyapa, mengajak ngobrol dan saya selalu diterima di pergaulan mereka.

 

Menurut saya kehidupan di Spanyol itu santai, bisa dilihat dari kebiasaan siesta atau istirahat/tidur siang. Orang-orang juga begitu menikmati aktivitas sosial seperti makan siang atau malam bersama dan berbagai macam festival, contoh: La Tomatina (festival perang tomat) dan Las Fallas (festival membakar monumen kertas). Kehangatan budaya Spanyol ditambah cuacanya yang hampir selalu cerah, menjadikan Spanyol tempat yang amat nyaman untuk ditinggali.

 

Untuk kita orang Indonesia yang susah lepas dari nasi, jangan khawatir, di Spanyol ada beberapa makanan khas yang menggunakan beras, diantaranya paella dan arroz negro. Produk dan restoran halal di Spanyol pun tidak sulit untuk ditemukan. Bagi yang ingin mencicipi dagin ham, Spanyol menyediakan banyak pilihan. Jeruk, delima, alpukat dan zaitun kualitas terbaik tersedia hampir sepanjang tahun di Spanyol.

 

Program Plant Health yang saya ambil berbasis pada Integrated Pest Management dan Sustainable Agriculture, dimana negara maju mulai menerapkan sistem ini. Pertanian dilihat secara holistik berkelanjutan, dari sudut pandang ekonomi, sosial serta lingkungan. Dari program ini banyak ilmu yang sangat berguna untuk mengembangkan sektor pertanian Indonesia di masa depan.

 

Pesan:

Tidak usah ragu kuliah di Spanyol. Hidupnya nyaman, kuliahnya menantang, hiburannya menggiurkan!!

¡nos vemos pronto!

 

Jika ingin bertanya lebih jauh tentang programnya silakan merujuk pada:

Facebook: Dominicus Jovano Erris

Instagram: @jovanoen

Website Universitas / Program: http://planthealth.upv.es/