PPI Spanyol Bercerita #26

mirza_ppi-spanyol-bercerita

#PPISpanyolBercerita edisi ke dua puluh enam ini akan menceritakan pengalaman Kak Mirza yang telah menempuh studinya di kota Lleida. Kak Mirza saat itu menjalani program double degree antara Universitat de Lleida dan Institut Teknologi Bandung.

Testimonial:

Dulu belum pernah terbayang untuk bisa menapakkan kaki di bumi Spanyol. Namun kesempatan itu tiba ketika ITB (kampus saya sekarang) menawarkan program doublé degree (gelar ganda) kepada kami. Tujuan universitasnya adalah Universitat de Lleida program magister jurusan Teknik Informatika. Sebelum program ini disosialisasikan, saya juga telah mendaftar program yang sama hanya saja tujuan kampusnya di Kanazawa, Jepang, sayangnya belum rezeki saya diterima di program tersebut.
Setibanya di Lleida, suhunya cukup dingin karena baru masuk musim semi jadi masih ada sisa-sisa musim dingin. Orang spanyol itu ramah-ramah, suka menyapa orang ketika berpapasan meskipun tidak kenal, dan tertib aturan. Saya cukup terkejut ketika saya menyebrang jalan dan di waktu yang bersamaan sebuah mobil akan melalui jalan yang saya seberangi, mobilnya malah berhenti dan kejadian ini berkali-kali terjadi. Kalau di Indonesia mungkin saya akan segera lari atau tertabrak, tapi di Spanyol pengendara yang akan mengalah.
Yang menjadi kendala tinggal di Lleida adalah tidak punya kecakapan bahasa Spanyol dan tidak ada orang Indonesianya. Ketika saya tanya ke staf universitas, mereka memberitahu bahwa saya adalah pelajar pertama dari Indonesia. Sebuah kebanggaan sekaligus tantangan tersendiri karena informasi-informasi mengenai kota Lleida dan kehidupan sosial nya harus saya cari sendiri. Ini menjadi hambatan tersendiri karena mayoritas penduduk tidak bisa berbahasa Inggris, bahkan staf-staf di pemerintahan kota juga demikian.

 

Pesan:

Lleida tidak seperti lokasi lainnya di Spanyol yang menjadi incaran para pelajar. Namun di Lleida, kualitas kehidupannya sangat bagus karena tidak terlalu ramai, tenang, dan biaya hidup amat terjangkau. Universitasnya juga cukup berkualitas dan terintegrasi dengan industri, serta kualifikasi pengajar yang mumpuni.

 

Jika ingin bertanya lebih jauh tentang programnya silakan merujuk pada:

Facebook: Muhammad Mirza Fahmi

Website Universitas / Program: http://www.udl.cat