PPI Spanyol Bercerita #21

akmal

#PPISpanyolBercerita edisi ke dua puluh satu ini akan menceritakan pengalaman Kak Akmal yang sedang menempuh studi S2 di kota Barcelona. Kak Akmal berkuliah di Barcelona Graduate School of Economics (Barcelona GSE) dengan jurusan Master in Economics.

Testimonial:

Saya tertarik untuk belajar di Barcelona GSE karena mutu pendidikan yang sudah terjamin. Barcelona GSE menempati top 20 untuk bidang ilmu ekonomi versi RePec dan menekankan metode berpikir kuantitatif, sehingga cocok dengan latar belakang S1 saya di bidang Matematika. Selain itu, saya menyukai Barcelona yang memiliki cuaca yang cukup bersahabat dan kota yang menawan.

Di semester pertama, saya mengambil tiga kelas advanced untuk ekonometrika, mikroekonomika, dan makroekonomika, Kelas advanced lebih teoretis daripada kelas standard karena dikhususkan untuk mereka yang berminat melanjutkan ke program MRes atau PhD. Dan saya merasakan sendiri — bagi saya, kelas-kelas itu terasa cukup sulit. Hal ini perlu dipertimbangkan apabila teman-teman memutuskan untuk kuliah di sini.

Meskipun demikian, bukan berarti kita hanya belajar saja sepanjang term. Di pertengahan term pertama pihak sekolah mengadakan botifarra, semacam acara makan bersama untuk semua jurusan. Sesama teman mahasiswa juga pasti akan mengadakan acara mengunjungi restoran atau bar terdekat, terutama di akhir pekan. Dan jangan lewatkan kesempatan untuk kumpul-kumpul teman Indonesia di PPI Spanyol!

 

Pesan:

Bagi yang ingin kuliah di Barcelona GSE bisa mempersiapkan diri dengan cara berikut:

  • Mengulang materi-materi matematika yang mungkin telah teman-teman dapatkan di tingkar sarjana (terutama kalkulus, aljabar linear, dan statistika) sangat penting. Khusus untuk yang ingin mengambil kelas Advanced perlu belajar teknik-teknik dasar pembuktian matematis.
  • Mencari kawan di kelas sangatlah penting. Beberapa dosen meminta kita untuk mengerjakan problem set dalam kelompok, walaupun jawaban akhir harus dikumpulkan sendiri-sendiri. Jangan asal nyontek hasil diskusi kelompok karena materi ujian bisa dikatakan serupa dengan problem set.
  • Membiasakan diri belajar secara teratur dari awal perkuliahan. Kesalahan saya adalah menganggap remeh materi-materi awal, sehingga begitu sadar sudah tertinggal, sulit mengejarnya. Belajar teratur juga akan membantu teman-teman untuk mempersiapkan diri untuk final exam, yang bobotnya lebih dari setengah final grade.

 

Jika ingin bertanya lebih jauh tentang programnya silakan merujuk pada:

Facebook: Akmal Fadhlurrahman

Twitter: @wholequest

Link Universitas: http://www.barcelonagse.eu/