Bagaimana Cara Mendapatkan NIE

MEMPEROLEH RESIDENCE PERMIT (Kartu NIE) DI SPANYOL BAGI PELAJAR?*

 

*Ditulis berdasarkan pengalaman pelajar di Madrid dan Barcelona.

 

Visa studi untuk pelajar biasanya diberikan tergantung dari lamanya masa studi di Spanyol. Jika masa studinya kurang dari 6 bulan biasanya Kedutaan Spanyol akan memberikan visa studi yang valid hingga 180 hari. Namun, jika masa studi lebih dari 6 bulan, maka biasanya Kedutaan Spanyol akan memberikan visa studi yang valid hingga 90 hari, dan surat keterangan bahwa selanjutnya pelajar yang bersangkutan harus membuat NIE (Número de Identidad de Extranjero) setelah tiba di Spanyol. NIE ini adalah residence permit, kartunya sendiri disebut TIE (Tarjeta de Identidad de Extranjero).

Pada dasarnya untuk pelajar, nomor NIE biasanya sudah tertera di visa yang diberikan oleh Kedutaan Spanyol. Namun kartunya sendiri baru bisa diurus dan didapatkan setelah tiba di Spanyol. Setelah tiba di Spanyol, International Office di setiap kampus seharusnya akan bisa membantu dalam pengurusan NIE, setidaknya menginformasikan dokumen apa saja yang diperlukan dan bagaimana cara mengurusnya.  

Pengurusan NIE dilakukan di kantor polisi. Sebelum datang ke kantor polisi, biasanya hal yang pertama dilakukan adalah membuat janji (atau bahasa Spanyolnya cita), membuat cita dilakukan secara online melalui link ini.

 

Dokumen yang diperlukan antara lain:

  1. Paspor dan fotokopinya, fotokopikan juga visa studinya dan halaman paspor dengan cap resmi dari imigrasi di bandara (untuk menunjukan pada tanggal berapa masuk Spanyol). Jika masuk Spanyol nya dari negara Eropa lain, jangan lupa untuk membawa boarding pass dari negara yang bersangkutan.
  2. Satu buah foto terbaru (berwarna, ukuran paspor, dan berlatar belakang putih). Untuk ukuran foto di Spanyol dikenal dengan ukuran “carnet”. Tempat foto juga bisa didapatkan di sekitar tempat kita akan membuat NIE.
  3. El empadronamiento, ini adalah surat tempat tinggal, untuk mendapatkannya kita harus ke ayuntamiento atau city hall dimana kita tinggal. Persyaratan untuk membuat El empadronamiento ini, antara lain, paspor dan fotokopinya, visa dan fotokopinya, surat kontrak rumah atau surat penerimaan di asrama (dengan mínimum kontrak adalah 6 bulan). Juga sebelum ke ayuntamiento, kita harus membuat cita terlebih dahulu. Untuk yang berdomisili di Madrid bisa dibuat lewat link ini. Untuk yang berdomisili di Barcelona silakan langsung datang ke ajuntament terdekat dari rumah Anda.
  4. Dokumen yang menyatakan penerimaan dari kampus, biasanya berupa daftar mata kuliah yang diambil.
  5. Bukti pembayaran pajak Model 790 Code 012 fee yang diserahkan nanti adalah kopian yang berwarna putih. Pengalaman saya, surat ini bisa didapatkan di International Office, yang kemudian kita bayarkan di bank terdekat.
  6. Form EX-17 bisa didapatkan di link ini

 

Semua dokumen harus difotokopi dan dokumen aslinya juga perlu dibawa, setelah dicek oleh petugas, dokumen asli akan dikembalikan. Kita harus datang langsung dan tidak boleh diwakilkan, karena di kantor polisi sidik jari kita akan diminta. Setelah semua dokumen diberikan dan sidik jari diambil, kita akan diberi surat keterangan untuk mengambil kartu NIE. Kartunya baru bisa diambil setelah 30 hari di kantor yang sama, namun untuk wilayah Barcelona biasanya di jalan carrer de Mallorca.

Sekali lagi, jika mengalami kesulitan untuk mendapatkan dokumen tertentu harap menghubungi pihak kampus atau International Office kampus masing masing. Proses dan syarat syarat tersebut berdasarkan pengalaman saya pada tahun 2014 lalu di kota Madrid dan kawan saya di kota Barcelona. Untuk kota lain proses dan syarat ini bisa dijadikan acuan, perbedaan mungkin bisa terjadi karena perbedaan kebijakan tergantung kota yang bersangkutan.

 

Salam kami dari Spanyol, tertanda pelajar di Madrid dan Barcelona