Sekilas Indonesia-Spanyol

Siapa yang tidak mengenal Spanyol? Saya rasa semua orang pasti mengenal Spanyol, tanpa terkecuali. Jika kita mengikuti sejarah, Spanyol merupakan salah satu kerajaan yang menjelajahi seluruh bagian di muka bumi. Dengan Indonesia sendiri, Spanyol pernah mendarat di pulau Tidore. Sejarah panjang pernah di alami oleh Spanyol, mulai dari penaklukan berbagai daerah hingga lepasnya berbagai daerah. Apalagi setelah piala dunia 2010, orang semakin mengenal Spanyol karena sepak bolanya.

Sebenarnya dimanakah Spanyol itu? Spanyol sendiri terletak di benua Eropa, persisnya di semenanjung Iberia. Spanyol sendiri berbatasan dengan Portugal di Barat, Perancis di Utara, Italia di Timur dan Maroko di Selatan. Spanyol sendiri merupakan negara dengan luas terbesar ke 2 di Eropa Barat, setelah Perancis. Bentuk negara Spanyol merupakan monarki konstitusional yang memiliki seorang raja sebagai kepala negara, juga perdana mentri sebagai kepala pemerintahan. 

Jika kita lihat, Spanyol sendiri memiliki berbagai kesamaan dengan Indonesia. Contohnya, Spanyol pernah dipimpin oleh seorang diktator selama puluhan tahun, Franco namanya. Begitu pula dengan Indonesia, pernah di pimpin selama puluhan tahun oleh Soeharto. Di samping itu kesamaan Indonesia dengan Spanyol terletak pada makanan utamanya yang disebut dengan Paella, mungkin sekilas kalau dilihat orang Indonesia, pasti langsung dibilang nasi kuning ahaha. Paella sendiri merupakan sebuah makanan yang berbahan dasar nasi dengan seafood sebagai bahan pelengkapnya, berbeda dengan daerah lain di Eropa, di Spanyol nasi tidak asing, kamu bisa menemukan nasi di mana-mana, walaupun tidak jarang orang Spanyol juga banyak makan kentang. Paella sendiri dimasak cukup lama, karena semuanya di masak jadi satu di dalam satu wajan.

Adakah kesamaan lain antara Spanyol dan Indonesia selain yang disebut di atas? Tentunya masih ada contohnya, Spanyol sendiri memiliki berbagai bahasa, seperti Valenciana, Cataluña, Castellano, Gallego, dan Euskera. Jika dibandingkan dengan Indonesia, tentu saja dari segi bahasa mungkin tidak sama, tetapi untuk ragam bahasa, tentu saja. Indonesia sendiri memiliki ratusan bahasa daerah, sebagai contohnya ada bahasa Minangkabau, Melayu, Dayak, Sunda, Bugis, Batak, Ternate, Jawa dan berbagai daerah lain. Jika dibandingkan dengan negara Eropa lain, mereka umumnya memiliki satu bahasa, tetapi dipisahkan oleh berbagai macam dialeg atau logat. Perbedaannya jika di Indonesia, bahasa daerah hanya dipakai sebagai bahasa sehari hari, di Spanyol bahasa bahasa tersebut kadang dijadikan bahasa resmi ditingkat pendidikan maupun pemerintahan, walaupun bahasa nasionalnya tetap bahasa Spanyol.

Dari segi bahasa sendiri, ternyata banyak kata dalam bahasa Indonesia yang di ambil dari bahasa Spanyol, contohnya seperti kata bendera yang dalam bahasa Spanyol artinya bandera, ada juga sabun yang dalam bahasa Spanyol adalah jabon, atau pun kata sepatu yang dalam bahasa Spanyol adalah zapatos.

Di Spanyol juga, seperti Indonesia, beberapa daerah ingin menyatakan referendum dan melepaskan diri dari negara Spanyol seperti Cataluña dan Basque. Referendum sampai saat ini masih sangat diusahakan oleh daerah-daerah tersebut dengan berbagai alasan.

Adakah kerjasama antara Indonesia dengan Spanyol? Tentu saja ada, banyak aspek, tapi mungkin yang paling akrab di telinga ada beberapa, contohnya kerjasama PT. Dirgantara Indonesia dengan CASA (Construcciones Aeronáuticas SA). CASA merupakan perusahaan pesawat terbang Spanyol. PT. DI dan CASA bersama mengembangkan pesawat yang kita tahu dengan istilah CN-235. Pesawat ini pertama di produksi pada tahun 1983. Pesawat ini dikembangkan dan diproduksi bersama oleh kedua perusahaan. Selain kerjasama di bidang udara kerjasama juga terjadi di bidang kelautan, KRI Dewaruci, sebuah kapal milik TNI Angkatan Laut, kapal itu diproduksi di Spanyol. Sekarang Spanyol sedang memproduksi kapal pengganti Dewaruci. Selain itu, masih banyak kerjasama yang lain.

Kami disini, para pelajar Indonesia yang berada di Spanyol, siap untuk melanjutkan kerjasama antara Indonesia dan Spanyol. Bahkan kami siap untuk meningkatkan kerjasama ataupun membuat kerjasama-kerjasama baru di masa yang akan datang. (Muhammad Fauzan Al Ammari) 

One thought on “Sekilas Indonesia-Spanyol

  1. Hallo, kalau boleh saya minta kontak anda atau siapapun yang sekiranya bisa diharapkan untuk memberi informasi yang saya butuhkan tentang UAB, saya ada kendala saat mendaftar ke UAB, untuk penjelasan kendala bisa sya jelaskan via telepon, terimakasih mohon bantuannya.

Comments are closed.