Cerita dari Murcia

murciia

Murcia merupakan sebuah kota yang terletak di bagian selatan-timur spanyol. Murcia sendiri merupakan sebuah provinsi dimana terdapat kota-kota seperti Cartagena, Yecla, Jumilla, dll dan kota Murcia merupakan ibukotanya. Nama kota Murcia diberikan oleh emir Cordoba Abd ar-Rahman II di 825 AD  yang memberi nama Mursiyah مرسية. Sepanjang tahun, Murcia mengalami Iklim ringan dengan musim panas yang relative lebih panas, musim dingin ringan, dan curah hujan relatif rendah.

Di kota Murcia terdapat 4 mahasiswa yang belajar di UCAM (Universidad Catolica San Antonio Murcia). Akira, Windy, Calvin, dan Gitcha. Di Murcia terdapat 2 universitas yaitu UMU (negeri) dan UCAM (swasta). Kami berempat merupakan mahasiswa pertama Indonesia yang ada di Murcia. Sebelumnya belum ada pelajar yang singgah maupun tinggal lama di kota Murcia.

Kota Murcia memang kecil dan tidak banyak tempat untuk dikunjungi tetapi kami menikmati kehidupan disini. Kota kecil dengan beberapa peninggalan Arab membuat kami nyaman belajar disini. Murcia juga dikenal sebagai kota pelajar. Lingkungannya sangat mendukung untuk pelajar. Tidak sedikit pelajar Erasmus dari negara Eropa yang datang kesini untuk belajar.

Kami biasa berkumpul dan ‘ngopi di depan katedral ataupun di Plaza Santo Domingo. Kedua tempat ini ramai didatangi penduduk setempat untuk bersantai sambil menikmati udara kota Murcia. Tak jarang kami pun nongkrong di Centro Comercial (mal) dengan menaiki tranvia (trem). Jika kami bosan, masak-masak bareng pun kami lakukan untuk menghilangkan rasa kangen dengan keluarga kami yang jauh.

10505414_10204128257798555_3678143325118607240_nAkira Aula Afif adalah Ketua PPI Spanyol periode 2014/2015. Dia baru saja meraih gelar Master of Business Administration di Universidad Católica San Antonio Murcia di kota Murcia.

3 thoughts on “Cerita dari Murcia

Comments are closed.