La Feria de Córdoba, Saatnya Menari Bersama

La Feria de Nuestra Señora de la Salud merupakan pekan tradisional bagi masyarakat Córdoba, Andalusia. Sejarah lahirnya La Feria de Córdoba berawal pada tahun 1285 ketika Raja Don Sancho IV memberikan keistimewaan kepada kota Córdoba untuk mengatur pameran hewan ternak sendiri. Semenjak itu kegiatan itu berlangsung rutin dan terus berkembang hingga saat ini. Perayaan ini berlangsung selama sepekan pada minggu terakhir di bulan Mei setiap tahunnya dan semenjak tahun 1994 berpusat di Recinto Ferial de El Arenal di tepian Sungai Guadalquivir.

Personal doc
Personal doc

Seiring dengan perubahan zaman Feria de Córdoba saat ini bukan lagi merupakan pameran hewan ternak. Feria (pekan raya) saat ini diikuti oleh berbagai partai politik, institusi, asosiasi dan daerah di Córdoba dengan membuka stand di pusat kegiatan. Setiap stand akan berkreasi dengan berbagai ornamen dan hiasan  dengan mengusung seni arsitektur khas Córdoba untuk menarik minat pengunjung serta memutarkan berbagai jenis musik yang mengajak pengunjung menari bersama. Selain itu di dalam setiap stand terdapat bar yang menyediakan makanan dan minuman. Beragam hidangan tradisional khas Córdoba seperti Salmorejo dan Flamenquín bisa ditemui di sini, tidak ketinggalan penganan yang sangat terkenal dan digemari berbagai kalangan yakni Churros. Tidak hanya stand, kita juga dapat menikmati berbagai permainan seru dan atraksi dari berbagai arena permainan yang tersedia di sini. Prosesi penjaga yang  menunggang kuda dengan kostum khusus berkeliling arena feria juga memberi daya tarik tersendiri.

Personal doc
Personal doc

Feria dengan menonjolkan nuansa khas dan mengusung semangat tradisional Spanyol ini terbuka untuk umum. Selama feria pengunjung dengan mengenakan pakaian tradisional Spanyol atau yang biasa mereka sebut sebagai “Vestido de Gitana” atau pakaian kaum gypsi (di Indonesia mungkin lebih dikenal sebagai pakaian penari Flamenco) akan menikmati suguhan musik tradisional dan menari bersama. Pria dan wanita, tua dan muda larut dalam tarian diiringi musik, tarian yang sangat terkenal adalah El baile por sevillanas yang dilakukan berpasangan. Sebagian besar pria dan wanita Spanyol bisa menari atau setidaknya mereka menguasai dasar-dasar tarian tradisional. Selepas penat menari, duduk bersantai menikmati Churros bersama cokelat hangat menjadi pilihan yang menyenangkan.

Personal doc
Personal doc

ika 7

Selama feria berlangsung penduduk Córdoba akan berbondong-bondong mengunjungi pusat pecan raya ini bersama teman dan keluarga, feria sekaligus menjadi ajang pertemuan dan berkumpul antar sahabat dan kerabat. Dari berbagai pesta dan kegiatan yang berlangsung sepanjang tahun di Córdoba, feria merupakan satu pesta yang selalu ditunggu-tunggu oleh penduduk setempat. Bagi teman-teman yang ingin menikmati kentalnya suasana tradisional Spanyol khususnya Andalusia datanglah bertandang ke Feria de Córdoba, bergabung dalam kemeriahan pesta dan menari bersama penduduk lokal penuh keriaan.

ika 4 ika 6

 

Note: Sejarah La Feria de Córdoba diambil dari berbagai sumber. Foto-foto merupakan dokumentasi pribadi.

Córdoba, 16 Juni 2013

-Riska Sri Handayani-