Kota Hujan Santander, Spanyol Utara

Matahari bersinar cerah ketika gw menginjakkan kaki di Santander, Cantabria. Gw tersenyum dan membatin, “Ramalan cuaca-nya salah, seperti yang diharapkan :) ” Pada hari itu, ramalan cuaca di Santander menunjukkan Santander akan hujan, tapi ternyata matahari cerah, setidaknya sampai saat itu.

Santander terletak di Spanyol bagian utara dan merupakan ibukota propinsi Cantabria. Santander seringkali diidentikkan dengan seorang Lady yang anggun dan misterius yang sayangnya sudah memiliki pasangan, yaitu lautan, El  Señor Mar Cantabrico. Karena kota Santander memang berdampingan dengan birunya El Mar Cantabrico.

santander-cerah

Slide2

Sesudah menaruh barang-barang di Hostel, langsunglah gw dan teman beranjak mengikuti panggilan perut, alias cari makan, hehe. Khasnya di Santander ini pinchos dan tapas-nya jadi kami ke Calle Tetuan dimana banyak tersedia bar.

Slide3

Kami ke Restaurant Marucho di Calle Tetuan yang denger-denger enak dan murah, bueno y barato! :)

Masuk di dalam, dan bingung, pesen apa ini ya. Orang2 berisik ngobrol semi teriak2 dalam bahasa Spanyol. Kami lihat harga-harga menu, langsung terdiam dan membatin, “Ostres, koq mahal ya, hee..” Harga yang terpampang 20-30 Euro! Karena bingung akhirnya kami “mencontek” apa yang dipesen orang sebelah, dan mereka lagi minum Sangria! Gw langsung sksd nanya,

“Itu Sangria ya?”

“Oh bukan, ini Vermuth.”

“Vermuth? Que es eso?”

Mbak-mbak bartender yang baik hati dan mengikuti pembicaraan kami langsung ngasi gw gelas berisi Vermut bwt nyoba. Ternyata enak! Langsung kami pesan Vermuth 2 copas.

Habis pesen Vermut, kami malah dikasih sepiring anchovas. Bingung, gw bilang,

“Lho, kami ngga pesen anchovas.”

“Oh, ini tapas, un regalo de la casa.”

Ternyata gratis dan hadiah dr restauran ini, hehehe, bahagia deh :P . Berikutnya berdasarkan hasil “mencontek” dan sksd kami pesen Calamares ½ racion, jadi setengah porsi gitu, harganya kalo full 7 Euro, karena kami pesen setengah porsi jadi hanya 3.5 Euro! Dipikir kecil porsinya, ternyata banyak, hore!

Di meja di bar juga tersedia pinchos kecil2, karena lapar, gw makan 3 atau lebih, hehehe…

Slide5

And, al final, kita cuma bayar 2 copas de Vermut sama calamares ½ racion (karena tapas dan pinchosnya gratis), hanya 7 Euro bwt berdua, hahahha.. murah dan enak, saya bahagia! *lebay

Sesudah perut kenyang, saatnya siesta (tidur siang sesudah makan), hehe, mengikuti kebiasaan orang Spanyol. Kembalilah kami ke hostel bwt tidur siang.

Dan…. Sesudah siesta, semua berubah. Langit yang tadinya cerah sekarang dihiasi awan-awan nakal. Dan jalanan yang tadinya ramai sekarang sepi dan dingin. Walaupun begitu, kami tetap nekat jalan-jalan, because I’ve got sunshine in my bag, jaja (Clint Eastwood – Gorillaz).

Slide6

Slide7

Sesuai ramalan cuaca, ketika jalan-jalan, hujan deras di Santander, dan lo peor, payung kami ketinggalan di hostel. Jadilah berteduh di rumah orang sambil menggigil kedinginan. Tapi pada akhirnya kalau ditanya daerah mana yang bagus untuk dikunjungi, tanpa pikir panjang gw akan jawab, Santander, Cantabria. Tempatnya tenang dan ngga turistik, orang2nya ramah, seafood enak dan murah, tapi… jangan lupa bawa payung ya, hahaha.. :P

Slide8

Por Maria Wulandari – Girona, Spain