Semana Santa

Berhubung sudah beberapa kali bapak ketua PPI Spanyol yang baru, Idham, meminta tolong anak2 PPI untuk menulis cerita selama di Spanyol, dan berhubung hari ini hujan di tempat saya (Girona, Catalunya)  –  yang membuat malas ngapa2in, akhirnya menulis cerita Semana Santa d, hehe.
Oke, di program Master saya, hanya ada dua kali libur panjang, liburan Natal (Castellano : Navidad, Catalan : Nadal), dan liburan Semana Santa alias libur Pekan Suci.

Saya cerita sedikit ya tentang Semana Santa. Semana Santa alias Pekan Suci diawal dariDomingo de Ramos/Diumenge de Rams alias Minggu Palma yang memperingati Yesus disambut di Yerusalem dengan palma.

Click the picture to get its source

Yesus disambut di Yerusalem 

Kalau di Indonesia normalnya dirayakan di gereja dengan bawa daun palma.

click the picture to get its source

 

Kalau di Spanyol, selain dirayakan dengan palma, orang2 juga bawa daun laurel. Kenapa laurel, saya juga ngga tau persis kenapa, hehe, mungkin karena disini laurel lebih melimpah.

clcik the picture to get its source

 

Semana Santa ini sesungguhnya rangkaian perayaan Paskah. Di Indonesia lebih dikenal dengan Tri Hari Suci (Kamis Putih, Jumat Agung dan Malam Paskah). Dan setiap hari-hari tersebut ada perayaan misa di gereja.

Lalu kenapa di Spanyol disebut dengan Pekan Suci? Kenapa bukan Tri Hari Suci? Ini karena di Spanyol, dimulai dari Domingo de Ramos, setiap hari adalah kudus (kudus, Castellano : Santa). Setiap hari kudus karena dimaksudkan untuk “menemani” Yesus dalam kata-kata dan perbuatan terakhirnya.

Di Gereja Katholik, setiap hari dalam Semana Santa, ada perayaan misa; Lunes Santo (Senin Kudus), Martes Santo (Selasa Kudus), Miércoles Santa, Viernes Santo sampai Pascua. Pascua sendiri dibagi dua, Vigilia Pascual (Malam Paskah) dan Minggu Paskah.

Di Spanyol juga terkenal dengan arak-arakan Semana Santa-nya. Arak-arakan Semana Santa yang paling terkenal adalah di Andalucia. Tapi waktu arak-arakan kemarin saya di Girona. Jadi saya akan cerita arak-arakan di Girona saja.

Arak-arakan di  Girona bermula di Catedral de Girona sampai ke Sant Feliu, La Rambla, Placa Catalunya, trus balik ke Catedral lagi, singkat karna kotanya juga kecil. Berikut sedikit foto2nya.

 

Slide3-300x225

 

Setiap prosesi melambangkan kejadian2 dalam Semana Santa, dari Yesus disambut di Yerusalem, Yesus berdoa di Taman Getsemani, Yesus dikhianati Yudas Iskariot, Yesus disidang, sampai disalibkan.

Juga ada prosesi tentang Bunda Maria (diatas), dalam bahasa Spanyol biasanya namanya Nuestra Señora de la Amargura, atau Our Lady of Bitterness.

Figur-figur procession di Girona jauuh lebih “lembut” dibandingkan figur proses di Andalucia. Figur-figur proses di Andalucia lebih sedih, lebih penuh perasaan, lebih Andalucia (terkenal lebih hot blooded daripada the rest of Spain), hehe. Mungkin lebih mudah  lihat foto berikut. Ini salah satu figur Bunda Maria di prosesi Semana Santa Andalucia.

Oke, saya rasa cukup tentang Semana Santa di Spanyol. Semoga berguna untuk memberikan gambaran kurang lebih di Spanyol seperti apa. Have a nice day, que todo te vaya bien, que vagi be!

 Maria Wulandari, Girona-Spain